Denpost

Dewan Minta Pemkab Seriusi Pasar Hewan Pempatan

Nengah Darma : Hidupkan Pasar Tradisionalnya

Dewan Minta Pemkab Seriusi Pasar Hewan Pempatan. Nengah Darma  Hidupkan Pasar TradisionalnyaAmlapura, DenPost
Pasar hewan di Desa Pempatan, Kecamatan Rendang, yang digadang-gadang Pemkab Karangasem menjadi pusat transaksi sapi Bali sudah mulai menggeliat. Namun di tengah situasi tersebut, kalangan DPRD Karangasem menilai optimalisasi pasar hewan tersebut masih memerlukan sentuhan-sentuhan. Ketua BK DPRD Karangasem, Nengah Darma, mendesak Pemkab Karangasem menseriusi upaya optimalisasi tersebut mengingat potensi Pasar Hewan Pempatan sangat menjanjikan.

Darma mengatakan, volume transaksi di Pasar Hewan Pempatan cukup tinggi mencapai Rp 1,2 miliar per minggunya. Namun fasilitas pendukung pasar masih terbatas. Listrik dan air belum masuk. Selain itu, menurut Darma, para pembeli yang datang dari berbagai daerah di Bali juga menginginkan adanya tera berkala terhadap fasilitas timbangan sapi. ‘’Selama dua bulan ini saya pantau Pasar Hewan Pempatan semakin ramai. Pemerintah harus cepat merespons agar volume transaksi terus meningkat. Volume transaksi yang tinggi tentunya akan memberikan keuntungan bagi penjual sapi yang sebagian besar adalah warga Karangasem,’’ ungkapnya, di sela-sela kunjungannya ke pasar hewan yang terletak di Banjar Alas Ngandang tersebut, Rabu (2/10) kemarin.

Perlunya Pemkab Karangasem melengkapi sarana pendukung di Pasar Hewan Pempatan juga disuarakan sejumlah calon pembeli. I Gede Gunawan (45) salah satunya. Saudagar sapi asal Jembrana ini mengakui belum adanya sambungan listrik dan air bersih cukup mengganggu khususnya dari segi kenyamanan. ‘’Saya tiap dua hari sekali ke sini (ke Pasar Hewan Pempatan) membeli sapi. Timbangannya tolong juga dikir (ditera ulang) secara berkala,’’ katanya.

Nengah Darma menegaskan, optimalisasi Pasar Hewan Pempatan akan memberikan banyak keuntungan baik bagi pemerintah maupun masyarakat Karangasem. Namun dalam upaya memaksimalkan potensi pasar hewan tersebut tidak hanya cukup dengan melengkapi fasilitas pendukung dan sarana prasarana lainnya. Menurut Darma, Pemkab Karangasem juga harus segera mengaktifkan pasar tradisional yang ada di sebelahnya. Selain memang sangat dibutuhkan masyarakat sebagai tempat perputaran ekonomi, wakil rakyat dari PKPI ini menilai hadirnya pasar tradisional secara tidak langsung akan meningkatkan geliat di pasar hewan. (117)

Facebook

Twitter

Komentar Terakhir

Guest (Stevanus)
Hmmmmz klq bgni critnya, polisi yg sharusnya pngayom dan plindung masyrkat mlhan sperti ini
Guest (kang badax)
Hmmmmm...... gmn nasib masa depan indonesia?
Guest (yan kancil)
Di taman ayun ada ulun siwi Kami di kerobokan di pura petitenget ada ulun tanjung... Yg adil....jang...
Guest (Alit wiartana)
Mudah2an di perhatikan. Pemerintah ! Ada proyek yang intinya tdk mencari susuk .
Guest (yankancil)
Perbedaan taman ayun dg pura petitenget seperti bumi dan langit... Kadirasae tongos ngenceh sing ade...
Denpost - Media Komunitas Masyarakat Bali © 2011 Denpost Design by Fresh CMS