Hampir Rp 3 Miliar Penjualan PLTS Tak Jelas

By on February 14, 2018
Hampir Rp 3 Miliar Penjualan PLTS Tak Jelas

Bangli, DenPost

Hampir Rp 3 miliar penjualan listrik yang dihasilkan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di Dusun Bangklet, Bangli tak jelas. Meski daya listrik itu sudah dimanfaatkan pihak PLN sejak 2013 silam, namun sampai sekarang tak ada kejelasan pembayaran. Pihak PLN memastikan mulai membayar daya listrik yang dimanfaatkan setelah penandatanganan kesepakatan harga yang dilaksanakan Selasa (14/2).Direktur Perusda BMB (Perusahaan Daerah Bukti Mukti Bakti), Gusti Gede Satria Wira Tenaya, seusai penandatangan PJBL (perjanjian jual beli listrik) dengan PLN mengungkapkan, mulai hari ini, daya yang dihasilkan PLTS baru bisa dijual ke PLN. Dia mengakui, PLTS baru menjual daya listrik yang dihasilkan karena banyak kendala. Salah satunya menunggu terbitnya ketentuan harga dari Kementerian ESDM. ‘’Kami lama menunggu Permen 37 Tahun 2017 terkait harga jual. Sebelumnya harga belum ditentukan,’’ katanya.

Lanjut dia, PLTS Bangklet mulai dibangun tahun 2012 lalu. Sejak tahun 2013, PLTS sudah mulai beroperasi dan Perusda ditunjuk Pemkab Bangli untuk mengelolanya. Sejak itu pula, daya 1 megawatt yang dihasilkan PLTS sudah dimanfaatkan PLN. Total daya PLTS yang telah dipergunakan PLN mencapai 3,8 juta kwh. Jika mengacu pada Permen 39 Tahun 2017, listrik yang sudah dimanfaatkan Rp 3 miliar. Untuk pembayaran daya yang telah dijual sebelum terbitnya Permen tersebut, pihaknya bakal berusaha berkomunikasi dengan PLN. (122)

Komentar

Komentar

BACA  Beringin Tua Tumbang, Puluhan KK Terisolir

About Surya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>