Gubernur Kukuhkan Penjabat Sementara Bupati Klungkung

By on February 14, 2018
Gubernur Kukuhkan Penjabat Sementara Bupati Klungkung

Renon, DenPost

Gubernur Bali, Made Mangku Pastika, mengukuhkan Inspektor Provinsi Bali, I Wayan Sugiada, sebagai Penjabat Sementara Bupati Klungkung. Pengukuhan itu berdasarkan SK Mendagri Nomor 131.51-237 Tahun 2018. Sugiada akan menjadi Penjabat Sementara Bupati Klungkung selama Bupati Klungkung, Nyoman Suwirta dan Wabup Made Kasta cuti kampanye, 15 Februari hingga 23 Juni 2018.Gubernur mengingatkan Penjabat Sementara Bupati Klungkung memiliki tugas seperti menangani urusan pemerintahan. Memelihara ketenteraman dan ketertiban masyarakat Klungkung. Merencanakan Perda dan menandatangani Perda setelah mendapat persetujuan tertulis dari Mendagri. Memutasi pejabat setelah mendapat persetujuan secara tertulis dari Mendagri. Juga menjaga netralitas aparatur sipil negara (ASN) selama pelaksanaan Pilkada.

“Saya jamin dia (Sugiada-red) akan netral. Kan dia sudah ngerti. Dia PNS. Walaupun dia penjabat bupati, tapi dia PNS,” kata Gubernur Pastika.

Sementara itu, menurut Gubernur, untuk Penjabat Bupati Gianyar sudah diajukan tiga nama. Dikatakan, untuk Kabupaten Gianyar nanti akan dijabat Penjabat bukan Penjabat Sementara. Sebab, masa bakti Bupati dan Wakil Bupati Gianyar akan berakhir.

Yang beredar di kalangan wartawan, yang ditunjuk sebagai Penjabat Bupati Gianyar adalah Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Bali, Ketut Rochineng. “Memang sudah lihat SK-nya. Kalau sudah lihat ya sudah,” kata Gubernur kepada wartawan. Kata dia, Rochineng akan menjabat sebagai Bupati Gianyar sampai Bupati/Wakil Bupati Gianyar hasil Pilkada yang baru dilantik.

Sementara untuk Kota Denpasar, kata Pastika, Wakil Walikota Denpasar, IG Jaya Negara, akan menjadi Plt. Walikota Denpasar. Menurutnya, kalau nantinya Wakil Walikota Denpasar ikut kampanye juga harus izin. (106)

Komentar

Komentar

BACA  Nelayan Menghilang, Diduga Tenggelam

About Surya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>