Pengungsi Pulkam, Gunung Agung Erupsi Lagi

By on February 13, 2018
Pengungsi Pulkam, Gunung Agung Erupsi Lagi
Amlapura, DenPost
Keceriaan warga lereng Gunung Agung menyambut status siaga Gunung Agung seketika sirna, ketika Selasa (13/2) siang erupsi kembali terjadi. Letusan terpantau jelas dari hampir semua daerah di karangasem. Untungnya erupsi kali ini tak sampai menimbulkan kepanikan. Warga yang baru pulang dari pengungsian tetap bertahan di kampung masing-masing.

‘’Kok bisa status siaga meletus? Ini sama dengan kejadian November 2017. Tanggal 29 Oktober turun ke siaga, 21 November terjadi erupsi,’’ ungkap I Ketut Wijaya Mataram (43), warga Rendang yang saat erupsi sedang berada di Kota Amlapura.

Erupsi terjadi sekitar pukul 11.49. Pos Pengamatan Gunung Agung di Banjar Langsat, Desa/Kecamatan Rendang, Karangasem, melaporkan, asap kawah bertekanan sedang teramati berwarna kelabu dengan intensitas sedang. Kolom abu mencapai ketinggian 1.500 meter mengarah ke timur laut. Erupsi berlangsung sesaat yaitu 140 detik.
Berselang sekitar satu jam setelah erupsi, terjadi hujan abu di wilayah Kecamatan Kubu. Salah satu daerah yang terpapar material vulkanik yaitu Banjar Pandan Sari, Desa Dukuh namun intensitasnya tipis.
Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho, mengatakan, semburan abu vulkanik tidak memberi dampak serius. Aktivitas masyarakat di wilayah terdampak masih normal. ‘’Namanya gunung api, status siaga memang dapat berpotensi erupsi kapan saja. Tetapi dengan erupsi yang tidak besar,’’ ungkapnya.
Pihaknya mengimbau masyarakat tidak panik, namun tetap menjaga kewaspadaan. (117)

Komentar

Komentar

BACA  Tarif Tol Naik Per 8 Desember 2017

About Surya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>