KemenPAN-RB Dorong Inovasi Perangkat Daerah di Badung

By on February 13, 2018
KemenPAN-RB Dorong Inovasi Perangkat Daerah di Badung

Mangupura, DenPost

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi dan Birokrasi (KemenPAN RB) RI mendorong perangkat daerah di Badung membuat inovasi pelayanan publik. Program inovasi pelayanan publik ini akan dapat mempercepat, dan mempermudah pelayanan kepada masyarakat, serta menumbuhkan kepercayaan masyarakat atas pelayanan Pemkab Badung. Hal tersebut terungkap saat kegiatan asistensi/pendampingan KemenPAN-RB di Pemkab Badung guna mendorong inovasi pelayanan publik, Selasa (13/2) di Puspem Badung.Kegiatan dipimpin Kabag Organisasi, I Wayan Wijana, serta dihadiri para sekretaris perangkat daerah, perbekel/lurah se-Badung, menghadirkan narasumber dari KemenPAN- RB yaitu Kepala Bidang Penyiapan, Perumusan Kebijakan Pelayanan Publik KemenPAN RB, Sri Hartini.

Wayan Wijana menyampaikan apresiasi kehadiran KemenPAN-RB untuk memberi pendampingan berkaitan dengan inovasi pelayanan publik di Badung. Dari asistensi ini, narasumber memaparkan bagaimana itu inovasi, bagaimana menuliskan inovasi itu dalam bentuk proposal, menayangkan contoh inovasi, sehingga dapat memberi inspirasi Badung banyak mengirim inovasi ke Pusat. Dijelaskan, Bupati dan Wakil Bupati serta Sekda sangat berkomitmen mendorong inovasi di tiap perangkat daerah demi peningkatan pelayanan kepada masyarakat.

KemenPAN-RB juga mendorong inovasi itu bukan hanya tentang teknologi, tapi bagaimana bisa mengubah mekanisme, prosedur yang akan memudahkan masyarakat mendapat pelayanan. Sejak tahun 2012, Pemkab telah mendukung program KemenPAN-RB, salah satunya melalui program “one agency one innovation”. Itu artinya diharapkan masing-masing perangkat daerah, instansi daerah termasuk perusahaan daerah, setiap tahun minimal ada satu inovasi.

Sri Hartini selaku narasumber menjelaskan,  kebijakan inovasi pelayanan publik dari KemenPAN-RB karena setiap daerah diwajibkan melakukan program “one agency one innovation”. “Setiap instansi wajib menciptakan minimal satu inovasi dalam satu tahun,” jelasnya.

Melalui program ini, jelasnya, Presiden menginginkan perangkat daerah tidak terlena dengan kegiatan rutinitas, melainkan mulai melakukan inovasi dan berpikir “out of the box”. Dia juga mengapresiasi Pemkab Badung yang banyak program inovasi dan mendapat penghargaan KemenPAN-RB seperti inovasi Gojek Sampah Plastik. Menurutnya, inovasi pelayanan publik adalah salah satu program prioritas Pemerintah Pusat dalam meningkatkan percepatan kualitas pelayanan publik. Hal ini didasari dari daya saing yang dinilai masih rendah, dan kondisi pelayanan publik juga masih lambat. Kenapa harus percepatan kualitas pelayanan publik, karena kebutuhan masyarakat semakin meningkat, dunia semakin berkembang, dan untuk itu dibutuhkan langkah yang cepat. “Inovasi pelayanan publik juga sebagai napas mendapat kepercayaan publik,” terangnya.  (a/115)

BACA  Lever Akut, Ibunda Bupati Badung Meninggal Dunia

Komentar

Komentar

About Surya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>