BPBD Badung Data Ulang Pengungsi

By on February 13, 2018
BPBD Badung Data Ulang Pengungsi

Mangupura, DenPost

Status kebencanaan Gunung Agung, Karangasem, yang turun dari level IV (Awas) ke Level III (Siaga) berpengaruh kepada keberadaan pengungsi. Di Kabupaten Badung akan kembali dilakukan pendataan ulang para pengungsi di seluruh kecamatan.Kabid Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Badung, dr. Ni Nyoman Ermy Setiari, seizin Kepala Pelaksana BPBD Badung, I Nyoman Wijaya, beberapa waktu lalu mengatakan, instansinya telah rapat bersama Pemerintah Provinsi Bali terkait tindak lanjut para pengungsi di tiap kabupaten. “Ini saya baru pulang dari Posko Tanah Ampo, tadi mewakili Bapak Kepala rapat terkait tindak lanjut pengungsi Gunung Agung pascastatusnya diturunkan,” ungkapnya.

 Lebih lanjut Ermy mengatakan, belum ada kepastian tindak lanjut pengungsi seluruhnya dipulangkan. Soalnya, ada sejumlah rumah warga, berikut infrastruktur dan fasilitas publik yang sempat terdampak erupsi Gunung Agung. “Sebenarnya mereka sudah boleh pulang, tapi tadi masih dipertimbangkan kelanjutan hidup mereka. Kan ada yang rumahnya rusak, atau fasilitas umum di desanya yang rusak. Nah, kelangsungan hidup mereka itu seperti apa yang masih menjadi pembahasan,” tuturnya.

 Namun, kata Ermy, jika masa tanggap darurat bencana tidak diperpanjang Gubernur Bali, lembaganya tak bisa lagi memberi bantuan logistik kepada para pengungsi di Badung. “Tapi kami akan tetap melakukan pendataan dulu besok (hari ini) untuk mengetahui jumlah pengungsi yang masih ada di Badung. Soalnya, selama ini kan kebanyakan mengungsi mandiri di rumah saudara atau keluarganya,” akunya.

 Terakhir, berdasarkan pendataan, kata dia, jumlah pengungsi di Badung mencapai 531 jiwa yang tersebar di empat dari enam kecamatan, kecuali Kuta Selatan dan Petang.  Sekitar dua pekan lalu, pihaknya masih menyalurkan bantuan logistik untuk pengungsi yang tinggal di Desa Angantaka, Abiansemal. “Di Angantaka empat KK masih sempat kami berikan bantuan logistik sekitar dua minggu lalu sesuai arahan pihak Provinsi,” tegasnya.

BACA  Pemkab Akui Kewalahan Atasi Sampah Kiriman

Sementara mengenai rencana pemulangan pengungsi, Ermy Setiari menyatakan siap memfasilitasi. “Kami siap memfasilitasi para pengungsi yang akan kembali ke tempat asal. Tentunya yang benar-benar membutuhkan. Yang penting melapor saja,” tandasnya. (115)

Komentar

Komentar

About Surya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>