Ingin Nyalon Anggota DPD RI? Ini Syaratnya

By on February 9, 2018
Ingin Nyalon Anggota DPD RI? Ini Syaratnya

Renon, DenPost

KPU Provinsi Bali menyosialisasikan syarat-syarat untuk menjadi calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI dalam Pemilu 2019. Sosialisasi dilaksanakan di Kantor KPU Provinsi Bali, Jumat (8/2). Beberapa syarat untuk bisa mencalonkan diri sebagai anggota DPD RI, antara lain, bukan pecandu narkoba dan menyerahkan dukungan paling sedikit 2.000 orang.Anggota KPU Provinsi Bali, Ni Putu Ayu Winariati, menjelaskan, setiap warga Bali berhak menjadi calon anggota DPD RI. Asalkan memenuhi persyaratan yang telah ditentukan UU. Kata dia, tahapan pencalonan anggota DPD RI akan dimulai Maret 2018. Kata dia, KPU akan mengumumkan penyerahan syarat calon anggota DPD RI pada 26 Maret hingga 8 April 2018.

Sedangkan penyerahan dokumen syarat dukungan dilaksanakan 22-26 April 2018.

Menurut Winariati, untuk menjadi calon anggota DPD RI harus memenuhi beberapa syarat yakni harus berumur 21 tahun atau lebih, taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, tinggal di wilayah NKRI dan dapat berbicara, membaca dan/atau menulis dalam bahasa Indonesia. “Pendidikannya paling rendah SMA, Madrasah Aliyah, SMK, Madrasah Aliyah Kejuruan atau sekolah lain yang sederajat. Setia kepada Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika.

Juga tidak pernah dipidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap karena melakukan tindak pidana yang diancam dengan pidana penjara 5 tahun atau lebih. Kecuali ia secara terbuka dan jujur mengemukakan kepada publik bahwa ia mantan terpidana. Misalnya mengumumkan diri pernah terpidana di media massa. Nanti kliping korannya diserahkan ke KPU,” kata Wina, didampingi anggota KPU Provinsi Bali lainnya, Ni Wayan Widhiasthini.

Syarat lainnya, calon anggota DPD RI harus sehat jasmani dan rohani, dan bebas dari penyalahgunaan narkotika. Artinya pencandu narkoba tidak boleh mencalonkan sebagai anggota DPD RI. (106)

BACA  Gerindra Badung Masih Buka Pintu Koalisi

Komentar

Komentar

About Surya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>