Padmasana dan Bangunan di Pelabuhan Gunaksa Hancur

By on February 7, 2018
Padmasana dan Bangunan di Pelabuhan Gunaksa Hancur

Semarapura, DenPost

Nasib Pelabuhan Gunaksa di eks galian C, Klungkung kini semakin tidak jelas. Setelah sempat diuji coba tiga kali, hingga kini tak kunjung beroperasi. Justru sebaliknya, kondisi dermaga yang dibangun dengan dana sharing Pemerintah Pusat, Provinsi, dan kabupaten tersebut makin memprihatinkan. Apalagi sampai saat ini baik Provinsi maupun Pusat belum memberikan keputusan untuk melanjutkan mega proyek tersebut.Dari pantauan di lapangan, Rabu (7/2), bangunan di pelabuhan Gunaksa banyak yang mengalami kerusakan. Hujan disertai banjir lumpur yang terjadi sejak Gunung Agung erupsi menjadi penyebab utamanya. Bahkan akses jalan existing menuju dermaga sudah putus diterjang banjir. Tak hanya itu, kondisi terbaru, bangunan padmasana yang sebelumnya berdiri di sisi timur juga sudah tergerus aliran sungai. Belum lagi, sebuah bangunan yang difungsikan sebagai gardu  listrik sudah nyerendeng diterjang banjir.

“Gudang gardu listrik yang miring tersebut bukan karena lahar dingin, tapi karena diterjang banjir pada tanggal 1 Februari lalu,” ujar salah seorang warga, Jro Mangku Darma.

Di tempat terpisah,  Kepala Dinas Perhubungan Klungkung, Nyoman Sucitra juga tak menampik kondisi tersebut. Dia juga mengaku belum mengambil tindakan terkait kerusakan yang terjadi di pelabuhan Gunaksa. Dengan alasan pembangunan pelabuhan Gunaksa menjadi tanggung jawab Pusat. Sedangkan Pemkab Klungkung hanya memiliki tanggung jawab untuk pengadaan lahan untuk akses jalan. Tapi untuk pengadaan lahan dikatakan belum sepenuhnya tuntas. “Ada sejumlah sertifikat tanah yang masih dibawa pihak kejaksaan. Dari 86 sertifikat, hanya 5 yang sudah dituntaskan urusannya dengan pemilik lahan,” katanya. (119)

Komentar

Komentar

BACA  Bawa Miras, Pemudik Tewas Tabrak Pembatas Jalan

About Surya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>