Puluhan SD di Klungkung Kekurangan Sarana Pendidikan

By on February 6, 2018
Puluhan SD di Klungkung Kekurangan Sarana Pendidikan

Semarapura, DenPost

Tidak semua sarana dan prasarana sekolah di Klungkung dalam kondisi baik. Masih ada puluhan SD di Bumi Serombotan yang ternyata masih kekurangan sarana pendidikan. Selain itu, ada sejumlah SMP yang juga tercatat kekekurangan Ruangan Kelas Belajar (RKB). Ironisnya, kekurangan ruang kelas belajar ini tidak hanya terjadi di Nusa Penida, namun juga ada di wilayah perkotaan.Kasi Kelembagaan Sarana dan Prasarana Bidang Pembinaan Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan Klungkung, Nyoman Sukadana, (6/2), tidak menampik kondisi tersebut. Seperti halnya ruang guru atau kepala sekolah secara khusus maupun Unit Kesehatan Siswa (UKS) yang belum ada di seluruh sekolah. Namun kekurangan tersebut dikatakan tidak sampai mengganggu proses belajar mengajar.

“Memang ada sekolah yang sampai menyekat ruang kelas.  Tapi sejauh ini tidak ada yang sampai menggangu proses belajar-mengajar. Semua berjalan baik,” ujar Sukadana.

Menurut Sukadana, kekurangan RKB juga masih menjadi persoalan, terutama jenjang SMP. Karena sesuai hasil pemetaan ada sejumlah SMP yang kekurangan RKB. Di antaranya SMPN 2 Dawan sebanyak enam ruangan, SMPN 1 Semarapura dan SMPN 3 Semarapura masing-masing tiga ruangan serta SMPN 6 Nusa Penida sebanyak tiga ruangan. Untuk mengatasi kekurangan RKB tersebut, untuk sementara sekolah menerapkan sistem double sift.

“Kalau SMPN 4 Nusa Penida tidak kurang kelas. Tetapi bangunannya rusak parah. Ini nantinya akan dibangun ulang,” sebutnya. (119)

Komentar

Komentar

BACA  Enam Bulan Tak Ada Perhatian

About Surya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>