Begini Cara Dinas PKP Bangli Tangani Hama Tikus

By on February 5, 2018
Begini Cara Dinas PKP Bangli Tangani Hama Tikus

Bangli, DenPost

Serangan hama tikus di Subak Bekutel, Desa Apuan, Susut semakin mengganas. Kondisi ini dikhawatirkan akan mempengaruhi hasil pertanian warga. Menangani ancaman tersebut, Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan (PKP) Bangli bersama jajaran Kodim 1626/Bangli serta warga setempat melakukan gropyokan (memburu tikus secara massal), Senin (5/2). Pembasmian tikus secara massal tersebut dilakukan pada lahan yang sudah dipanen. Menurut Kadis PKP, Wayan Sukartana, gropyokan ini dilakukan serangkaian program upsus (upaya khusus) pajale (padi, jagung, kedelai). Berdasarkan pengamatan, serangan tikus di Subak Bekutel yang luas lahannya mencapai 54 hektar lebih masuk kategori sedang. Karena serangannya yang dinilai cukup membahayakan, tim kemudian turun bersama di lokasi ini. ‘’Lahan yang sudah mendapat serangan di subak Bekutel sekitar 5 hektar,’’ katanya.

Perburuan tikus secara gropyokan ini dilakukan dengan memberikan klerat dan belerang pada lubang-lubang yang ditengarai menjadi rumah tikus. Beberapa lubang bahkan sempat dibongkar untuk menemukan hamanya. Karena lubangnya dalam dan berliku, pengasapan dengan blerang dan racun diharapkan bisa membunuh anak tikus dalam lubang.  (122)

Komentar

Komentar

BACA  Jual-Beli Ternak Dipantau Satgas Peternakan Mabes Polri

About Surya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>