STPBI-SPB Buka Penerimaan Mahasiswa Baru 2018/2019

By on January 31, 2018
STPBI-SPB Buka Penerimaan Mahasiswa Baru 2018/2019

Dauh Puri, DenPost

Sekolah Tinggi Pariwisata Bali Internasional dan Sekolah Perhotelan Bali (STPBI-SPB) membuka penerimaan mahasiswa baru (pensisba) tahun akademik 2018/2019. Pembukaan pensisba dilakukan Ketua Yayasan Dharma Widya Ulangun, Dr. I Nyoman Gede Astina, di kampus setempat, Rabu (31/1).Ketua panitia pensisba STPBI, Drs. I Nyoman Urbanus, mengatakan, pendaftaran gelombang I berlangsung pada 31 Januari hingga 8 Maret 2018. Tes seleksi gelombang I berlangsung pada 9-10 Maret 2018. Pendaftaran gelombang II dibuka mulai 12 Maret hingga 9 Mei 2018. Tes seleksi gelombang II pada 11-12 Mei 2018. Sedangkan pendaftaran gelombang III dimulai pada 14 Mei hingga 21 Juli 2018. Tes seleksi gelombang III diadakan pada 23-24 Juli 2018. Pendaftaran dilakukan di kampus STPBI-SPB di Jalan Kecak No. 12, Gatot Subroto Timur, Denpasar. Pendaftaran juga dibuka secara online.

“Syarat pendaftaran yakni pas photo 3×4 sebanyak 2 lembar, foto copy KTP/Kitas/KK, surat keterangan sehat serta membayar biaya pendaftaran sebesar Rp 300 ribu,” terang Urbanus. Dikatakannya, saat ini STPBI memiliki program S1 Pariwisata, Diploma IV Manajemen Perhotelan, Diploma IV Manajemen Pariwisata, serta Diploma III Manajemen Perhotelan. Selain itu ada program pelatihan 1-2 tahun di antaranya Sekolah Perhotelan Bali (SPB), Maritime Training Centre, Airline Training Centre serta Spa Training Centre.

Ketua Yayasan Dharma Widya Ulangun, I Nyoman Gede Astina, mengatakan, STPBI pada pensisba tahun akademik 2018/2019 menargetkan jumlah pendaftar mencapai 2.000 orang. Sedangkan yang akan diterima sesuai daya tampung kampus sebanyak 1.400 orang. “Kami optimistis jumlah tersebut akan tercapai dengan melihat pengalaman tahun lalu kami menerima pendaftar sebanyak 1.650 orang dan yang diterima hanya 1.250 orang. Kami mengajak semua pihak yakni dosen, staf/pegawai dan mahasiswa untuk ikut membantu terutama menyebarkan informasi ini kepada masyarakat,” ujarnya.

BACA  Percepat Swasembada Pangan, TNI Ikut Tanam Padi

Gede Astina menyebutkan, STPBI termasuk kampus yang terlengkap dan terpopuler. Memiliki sarana dan prasarana pendidikan bertaraf hotel bintang lima serta didukung dosen yang berasal dari akademisi dan praktisi pariwisata dan perhotelan. STPBI juga memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk melaksanakan training ke Amerika Serikat, Jepang, Australia, Spanyol, Thailand dan Kanada, di samping hotel-hotel besar di Bali.

“Kami menerapkan one stop learning, artinya mahasiswa dapat belajar dengan baik di kampus, kemudian bisa training ke tempat atau negara pilihan, dan nanti setelah tamat kami bantu mencarikan pekerjaan. Jika terkendala biaya untuk bekerja ke kapal pesiar, kami bantu keuangan melalui koperasi yang kami miliki. Maka jadikan STPBI sebagai sekolah pilihan, bukan alternative,” ajaknya.

Pada kesempatan tersebut diadakan penandatanganan kerjasama antara STPBI dengan Indonesian Chef Association (ICA) BPD Bali dan Yayasan Siki Bali. (a/wan)

Komentar

Komentar

About Surya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>