BI Identifikasi Puluhan Usaha di Bali Terima Pembayaran Bitcoin

By on January 31, 2018
BI Identifikasi Puluhan  Usaha  di Bali Terima Pembayaran Bitcoin

Renon, DenPost

Hasil survei dari tim  Bank Indonesia berdasarkan  informasi yang berkembang di masyarakat,  di Bali  diidentifikasi ada  puluhan usaha melakukan transaksi menggunakan virtual currency  (mata uang virtual) salah satunya Bitcoin.  Padahal  pihaknya sudah menyatakan bahwa mata uang tersebut bukan alat pembayaran yang sah. “Data tersebut kami perloleh setelah tim dari BI Bali  melakukan survei di sejumlah lokasi berdasarkan informasi dari masyarakat dan media sosial yang bekembang.  Ada 44 usaha yang baru kami temukan, namun perkiraan mungkin ada lebih dari itu,” ujar Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali, Causa Iman Karana. Dikatakannya, usaha yang diidentifikasi tersebut bergerak di sektor perhotelan, jasa sewa kendaraan, kafe hingga paket wisata.Ketika tim dari BI mendatangai tempat usaha tersebut, lanjut Causa, sebagian besar mengaku telah menghentikan  transaksi menggunakan  mata uang digital tersebut. “Meskipun demikian kami tidak mau lepas tangan begitu saja, artinya akan terus melakukan pengawasan  terhadap usaha-usaha tersebut  sembari  melakukan pendataan  di tempat  lainnya,” katanya.

Sebelumnya, BI  telah  merilis bahwa  virtual currency termasuk Bitcoin tidak diakui sebagai alat pembayaran yang sah. Dengan demikian transaksi  menggunakan alat pembayaran tersebut dilarang di Indonesia. Hal  tersebut sesuai dengan ketentuan dalam Undang-Undang Nomor  7 tahun 2011 tentang mata uang yang menyatakan bahwa mata uang adalah uang yang dikeluarkan oleh Negara Kesatuan Republik Indonesia. Setiap transaksi yang mempunyai tujuan pembayaran atau kewajiban lain yang harus dipenuhi dengan uang atau transaksi keuangan lainnya yang dilakukan di Wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia wajib menggunakan Rupiah. (126)

Komentar

Komentar

BACA  Dukung Petahana, Demokrat Incar Cawabup Klungkung

About Surya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>