Sudah Masuk Perda, Anggran Pilgub Tak Bisa Diubah

By on January 30, 2018
Gubernur Kukuhkan Penjabat Sementara Bupati Klungkung

Renon, DenPost

Anggaran untuk pelaksanaan Pemilihan Gubernur (Pilgub) Bali 2018 sebesar Rp 155 miliar sudah masuk di Perda APBD Provinsi Bali. Dengan begitu tak bisa diutak-atik lagi. KPU Provinsi Bali diminta menghemat anggaran yang ada, misalnya dengan tidak mencetak baliho pasangan calon. Cukup baliho yang ada sekarang diberi stempel KPU Bali dan nomor peserta Pilgub.“Pak Gubernur mengusulkan untuk menghemat anggaran, KPU Bali tidak perlu mencetak baliho. Tinggal pakai baliho yang ada,” kata Karo Humas dan Protokol Provinsi Bali, Dewa Gede Mahendra Putra, ketika diminta komentarnya, Selasa (30/1).

Sebelumnya, Gubernur Bali, Made Mangku Pastika, menegaskan bahwa anggaran Pilgub Bali 2018 sudah diputuskan dalam Perda APBD Bali. Karena itu, tidak bisa diubah dan harus dilaksanakan.

Ia menganjurkan agar penyelenggara Pemilu menyesuaikan pelaksanaan kegiatan tahapan Pilgub dengan dengan anggaran yang ada. Kata Gubernur, yang penting ada penyederhanaan dari kegiatan dan biayanya.

Gubernur memberi contoh. Kalau sebelumnya dirancang ada tiga calon independen, ternyata sekarang tidak ada. Anggaran untuk itu berarti tidak diperlukan lagi. Untuk sosialisasi, KPU Bali bisa menggunakan fasilitas Pemprov. Misalnya jika membutuhkan sosialisasi di gedung yang besar, bisa menggunakan Wiswa Sabha.

Atau jika kampanye bisa digunakan Podium Bali Bebas Bicara Apa Saja (PB3AS) di Lapangan Puputan Renon. “Setelah penetapan calon, saya akan bicara dengan KPU Bali supaya bergilir saja pasangan calon berbicara di PB3AS. Misalnya minggu ini calon ini, minggu depan calon yang lain. Terus saja berputar-putar di situ. Kan media banyak di situ. Gratis itu. Lapangannya gratis dan korannya gratis. Baik KPU, calon, polisi, Bawaslu semua boleh ngmong. Mau pakai 2 jam dan 3 jam boleh saja,” paparnya. Juga, kata Pastika, jika KPU Bali membutuhkan tempat untuk acara pengundian nomor urut pasangan calon, bisa memanfaatkan gedung Wiswa Sabha.(106)

BACA  Krama Abianbase Dukung Giriasa

Komentar

Komentar

About Surya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>