Fogipsi Denpasar dan Karangasem Dideklarasikan

By on January 28, 2018
Fogipsi Denpasar dan Karangasem Dideklarasikan

Dauh Puri, DenPost

Forum Guru IPS Seluruh Indonesia (Fogipsi) Daerah Denpasar dideklarasikan pada Sabtu (27/1), di SMP Negeri 1 Denpasar. Deklarasi disaksikan Wakil Bendara Pengurus Pusat Fogipsi, Putu Eka Juliana Jaya. Terpilih sebagai Ketua Fogipsi Daerah Kota Denpasar, I Made Suandi  (guru IPS SMP Negeri 7 Denpasar yang juga Ketua MGMP IPS Kota Denpasar). Program pertama Fogipsi Kota Denpasar adalah penggalangan Seribu Koin Anak Bangsa.Sehari sebelumnya, pada Jumat (26/1), juga dideklarasikan Fogipsi Daerah Karangasem. Terpilih sebagai Ketua Fogipsi Daerah Karangasem, I Nyoman Susanta (guru IPS SMPN 5 Abang yang juga Ketua Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) IPS Kabupaten Karangasem). Deklarasi Fogipsi Daerah Denpasar dan Karangasem merupakan tindak lanjut dari deklarasi Fogipsi Wilayah Bali pada 21 Januari 2018. Guru IPS SMPN 6 Buleleng, yang juga Ketua MGMP IPS Kabupaten Buleleng, Putu Ambon terpilih menjadi Ketua Fogipsi Wilayah Bali.

Ketua Fogipsi Daerah Denpasar, Suandi, mengatakan, terbentuknya Fogipsi menunjukkan bahwa guru-guru IPS berkomitmen untuk terus maju dan tidak ketinggalan perkembangan ilmu pengetahuan. “Kami di Fogipsi sepakat untuk terus mengikuti perkembangan dunia pendidikan, khususnya IPS,” ujarnya.

Menurutnya, Fogipsi nantinya akan bersinergi dengan MGMP, sehingga informasi-informasi tentang dunia pendidikan IPS dapat diperoleh dengan lebih cepat dan akurat. “Karena itu dalam kegiatan MGMP kita harus berdampingan dan selalu bersinergi dengan Fogipsi. Misalnya bagaimana memperoleh informasi-informasi persiapan kita dalam dunia pendidikan, khususnya IPS,” jelasnya.

Ia berharap, Fogipsi ke depan dapat melakukan terobosan-terobosan dalam pengembangan mata pelajaran IPS. Apalagi orang-orang Fogipsi di daerah maupun di Pusat merupakan orang-orang pilihan. Suandi menyatakan, Fogipsi sudah resmi dapat pengesahan dari Kementerian Hukum dan HAM. Para guru IPS diminta tidak ragu berkiprah di Fogipsi. “Ini merupakan jalur yang positif, jalur resmi dan jalur yang aman untuk kita ikuti bersama-sama. Karena kemajuan itu tidak bisa kita peroleh dari ruang yang sempit. Mari kita bersama-sama saling mengisi, karena di antara kelompok itu kita gali kemampuan, mana yang baik kita pakai bersama. mana yang kurang kita hilangkan,” harapnya. (b/106)

BACA  BPBD Denpasar Dilengkapi Wahana Simulasi Bencana

 

Komentar

Komentar

About Surya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>