Relaksasi, Pengajuan Kredit Calon Debitur Dipermudah

By on January 24, 2018
Relaksasi, Calon Debitur  Dipermudah Dalam Pengajuan Kredit

Renon, DenPost

Tahun 2018, perbankan akan  memberikan kemudahan  bagi  calon debitur Kredit Usaha Rakyat (KUR) dalam memperoleh kredit.  Hal tersebut   berdasarkan  Permenko Bidang Perekonomian No.11 Tahun 2017 yang mengeluarkan aturan terkait mekanisme penyaluran KUR dengan memberikan beberapa relaksasi.Kadiv Kredit Bank BPD Bali,  Nyoman Sudharma, mengatakan, pada tahun 2018 relaksasi diberikan agar calon debitur bisa memperoleh kemudahan sehingga bisa mendapatkan dana KUR. Relaksasi aturan penerimaan KUR  bagi mereka yang belum memiliki KTP elektronik bisa dengan bukti telah dilakukan perekaman KTP mengacu pada ketentuan dan surat edaran dari Kemendagri. Sedangkan bagi mereka yang memiliki kartu kredit bisa mengajukan KUR dengan catatan  memiliki bukti membayar dalam kualitas lancar. Begitupula untuk aturan NPWP untuk KUR kini di atas  Rp 50 juta dan adanya KUR khusus untuk mengadopsi penyaluran lewat kelompok usaha.

Sebelumnya, kata dia,  di tahun 2017  hal yang menjadi permasalahan  dalam penyaluran kredit dengan bunga rendah tersebut terkait permohonan KUR yang potensial untuk dibiayai belum memenuhi persyaratan. Persyaratan di tahun 2017 bagi calon debitur KUR ini terkait KTP-elektronik. Selain itu,  penerima KUR tidak boleh sedang memiliki kartu kredit, adanya persyaratan NPWP untuk KUR retail bagi pemohon kredit dengan plafon di atas Rp 25 juta dan belum teradopsinya kredit program sektor pertanian seperti KKP-E dan KUPS dalam skema KUR. “Dengan adanya relaksasi ini kami berharap masyarakat dan UMKM bisa lebih mudah mengajukan KUR,”   harapnya.  (126)

Komentar

Komentar

BACA  Erupsi GA, Ini Kondisi Kunjungan Wisman 2017

About Surya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>