Anggaran Kurang, KPU Ancam Tunda Tahapan Pilgub

By on January 22, 2018
Anggaran Kurang, KPU Ancam Tunda Tahapan Pilgub

Renon, DenPost

Persoalan anggaran pelaksanaan tahapan Pemilihan Gubernur/Wakil Gubernur (Pilgub) Bali 2018 ternyata belum tuntas. Anggaran untuk KPU Provinsi Bali yang semula Rp 229 miliar kemudian dipangkas menjadi Rp 155 miliar ternyata dinilai kurang. Kalau kekurangan anggaran tersebut tidak ditindaklanjuti, KPU Bali mengancam menunda tahapan Pilgub Bali 2018.Hal itu mengemuka dalam acara kunjungan kerja Komisi II DPR RI ke Bali di Gedung Inspektorat Provinsi Bali, Renon, Senin (22/1). Hadir dalam kesempatan itu, Ketua KPU Provinsi Bali, Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi.

Raka Sandi meminta solusi terkait dengan permasalahan anggaran yang dihadapi KPU Provinsi Bali. Pihaknya sudah menyampaikan berbagai keberatan terkait dengan pemotongan anggaran tersebut sebelum disahkan dalam APBD 2018 beberapa waktu lalu.Ia berharap ada tindak lanjut konkret, karena dana tersebut dibutuhkan. Raka Sandi tidak ingin tahapan Pilgub Bali terganggu karena masalah anggaran tersebut.

Raka Sandi mengatakan, KPU Provinsi Bali sebenarnya tetap berpegang dengan NPHD (Naskah Perjanjian Hibah Daerah) yang sudah ditandatangani antara Pemprov dengan  KPU Provinsi Bali pada Juni 2017 lalu. Saat itu, kedua belah pihak menyepakati anggaran Pilgub Bali 2018 sebesar Rp 229 Miliar. Menurutnya, jumlah tersebut sudah mengalami pemotongan sebesar Rp 25 Miliar dari Rp 254 miliar yang diajukan.

“Begini, ada beberapa substansi yang kami dan Bawaslu ungkapkan. Salah satunya ialah soal anggaran. Jadi perlu saya tegaskan bahwa kami bersama Pemprov sudah menandatangani NPHD tepat waktu. Bahkan yang pertama di Indonesia,” katanya. Dijelaskan, dalam perjalanannya anggaran tersebut sudah turun dalam dua tahap, yakni pada Agustus 2017 di APBD Induk 2017 sebanyak Rp 100 miliar dan pada APBD Perubahan 2017 sebanyak Rp 25 miliar. “Ini perlu solusi segera, termin pertama sudah terealisasi, termin kedua juga sudah, pertama 100, kedua 25, sisanya 104,” paparnya.

BACA  Korban Longsor Batu Pilah Segera Dioperasi

Menurutnya, KPU Provinsi Bali sudah mengirimkan surat permohonan untuk melakukan pencairan tahap ketiga. Namun, sampai saat ini belum ada kejelasan mengenai kabar tersebut. Ia menunggu pemerintah daerah, karena dalam satu klausul yang ada, apabila KPU sudah melengkapi data, maka paling lambat satu minggu setelah itu sudah cair. (106)

Komentar

Komentar

About Surya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>