Wi-Fi Gratis Bakal Sasar Sekolah Hingga Balai Banjar

By on January 14, 2018
Wi-Fi Gratis Bakal Sasar Sekolah Hingga Balai Banjar

Mangupura, DenPost

Pemasangan Wi-Fi gratis di sejumlah kawasan publik di Kabupaten Badung dipastikan terwujud tahun 2018 ini. Dari informasi yang dihimpun koran ini, Dinas Komunikasi dan Informasi Badung rencananya akan memasang Wi-Fi tersebut di bulan Agustus-September tahun 2018.
Wi-Fi gratis ini akan dipasang di seluruh tempat strategis dan fasilitas publik seperti sekolah (SD dan SMP) Negeri, puskesmas pembantu (pustu) dan puskesmas, balai banjar, kantor perbekel serta kantor camat se-Kabupaten Badung. Bahkan, satu titik jaringan Wi-Fi akan memiliki kecepatan 5-10 Mega Byte Per Second (MBPS) dengan jangkauan sekitar 30 meter.

Diskominfo Badung juga akan memasang Wi-Fi di 982 titik yang menyasar seluruh fasilitas publik yang ada di Badung. Anggaran yang digelontorkan senilai Rp 30 miliar lebih. Sementara jumlah balai banjar yang ada di Badung sekitar 373, kemudian ada 46 desa, dan enam kecamatan. Puskesmas ada 13 dan pustu sebanyak 54 yang tersebar di seluruh Badung. Sedangkan, untuk SD negeri berjumlah 249 dan 22 SMP negeri.   “Jika sudah usai proses lelang dan pengadan barang atau alat baru, kami akan pasang Wi-Fi di seluruh Kabupaten Badung,” ujar Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Badung, I Wayan Weda Darmaja, saat dihubungi Sabtu (13/1).

Dia menjelaskan, saat ini program tersebut awalnya akan dimulai dengan proses lelang dengan waktu paling lama satu bulan. Setelah proses lelang yang akan dilaksanakan di Unit Layanan Pengadaan (ULP), akan ada proses verifikasi berkas untuk menentukan pemenang proses lelang. Kemudian, setelah diumumkan pemenang lelang, akan dilanjutkan dengan penyiapan infrastruktur ke setiap titiknya. “Karena memang ada kendala sedikit di infrastruktur, sehingga harus disiapkan dulu seluruh infrastrukturnya agar semua merata,” jelasnya.

BACA  Polsek Melaya Amankan Komplotan Pencuri

Setelah infrastruktur sudah merata, lanjut dia, akan dilaksanakan pemasangan di seluruh titik yang sudah direncanakan.“Yang pasti tahun ini, kalau tidak Agustus, ya September kita akan mulai pasang. Prosesnya bukan hanya di kami (Diskominfo) saja, melainkan ada proses di ULP juga. Saya tetap berupaya agar bulan depan program ini sudah masuk ULP,” imbuhnya.

Pejabat asal Sembung, Mengwi ini menyebutkan, pemasangan Wi-Fi akan dilakukan di seluruh Kabupaten Badung. “Jadi ada 982 titik yang akan dipasang dengan menjangkau seluruh fasilitas publik yang ada di seluruh Badung. Nanti akan dipasang secara bersamaan,” jelasnya.

Untuk anggarannya, kata dia, senilai Rp 30 miliar. “Anggarannya sudah termasuk pembelian alat dan penyewaan bandwidth, dan kecepatannya kami sesuaikan antara 5-10 MBPS dengan jangkauan 1 titik mencapai 30 meter,” paparnya.

Dia pun mengharapkan agar program ini segera dapat berjalan, sehingga program smart city Kabupaten Badung bisa terlaksana terhitung mulai tahun ini. “Program ini kan salah satu bagian dari smart city, sehingga saya sangat berusaha dan berharap program ini cepat berjalan,” tandasnya.(115)

Komentar

Komentar

About Surya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>