Pengurus Abkin Bali 2018-2022 Dilantik

By on January 14, 2018
Pengurus Abkin Bali 2018-2022 Dilantik

Badung, DenPost

Kadisdikpora Provinsi Bali, Tia Kusuma Wardhani, membuka seminar nasional yang digelar Asosiasi Bimbingan dan Konseling Indonesia (Abkin) Provinsi Bali, Minggu (14/1). Sebelum seminar, acara diawali dengan pelantikan Pengurus Abkin Provinsi Bali masa bhakti 2018-2022 oleh Ketua Abkin Pusat, Prof. DR Mungin Edy Wibowo. Seminar yang dihadiri ratusan guru BK tingkat SMP, SMA dan SMK se-Bali ini mengambil tema “Revitalisasi Pelayanan BK Melalui

Implementasi Model Konseling yang Inovatif”.

Ketua Panitia, Wayan Murdana, memaparkan, pelantikan pengurus baru dilakukan seiring berakhirnya tugas pengurus sebelumnya. Kegiatan ini dirangkai dengan seminar melibatkan guru BK di Bali. Tujuan kegiatan tersebut adalah untuk mempersatukan guru BK dan meningkatkan potensi guru BK. Seminar ini diikuti 400 orang peserta.

Dia berharap seminar ini bisa mendukung profesionalisme guru BK khususnya berkaitan bimbingan konseling sehingga dapat meningkatkan pelayanan kepada siswa. Tantangan ke depan, lanjutnya, bagaimana guru BK mampu mengubah sikap mental siswa untuk tidak sampai melakukan hal yang tidak sesuai harapan.

Sementara itu, Tia Kusuma Wardani berharap guru BK bisa memprioritaskan pendidikan karakter di sekolah. Dikatakannya, pendidikan karakter harus dimulai dari bawah. Satu guru BK harus bisa mengampu 150 siswa. Dengan dilantiknya pengurus anyar ini diharapkannya proses pemetaan terhadap guru BK yang dibutuhkan bisa dilakukan sesuai jenjang pendidikan. Untuk meningkatkan profesionalitas BK, tentu harus melalui pelatihan sehingga perlu ada pemahaman yang baik.

Hal senada diungkapkan Prof. Mungin. Dia berharap pengurus baru Abkin Provinsi Bali melakukan pemetaan guru BK di Bali bekerjasama dengan Dinas Pendidikan. Dengan begitu akan kelihatan apakah guru BK sudah memenuhi dari sisi jumlah. Selain itu pengurus baru ini juga diminta melakukan pemetaan terhadap kualitas guru BK yang ada dan juga melakukan upaya peningkatan berkelanjutan terhadap guru BK, sehingga tidak terjadi mal praktek.

BACA  Dua UKM Denpasar Terima HAKI dari Kemenkop dan UKM

Ketua ABKIN Bali yang baru dilantik, Dr.Drs Ketut Gading menyampaikan  terima kasih atas kepercayaan yang diberikan untuk menyelengarakan tugas Abkin Bali ke depan. “Semoga kami bisa melaksanakan tugas dengan baik,” ujarnya.

Dia juga mengharapkan dukungan dari semua pihak. Utamanya dari Kadisdikpora Bali dan Kadisdik kabupaten/kota. Selain itu dukungan juga diharapkannya dari semua pengurus dan anggota Abkin Bali.

“Mari tingkatkan kebersaman, komitmen untuk meningkatkan profesi ini menjadi bermartabat,” tandasnya. (a/113)

Komentar

Komentar

About Surya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>