Besok, Rumjab Bupati dan Wabup Badung Di-“Plaspas”

By on January 14, 2018
Besok, Rumjab Bupati dan Wabup Badung Di-“Plaspas”

Mangupura, DenPost

Setelah sempat molor pengerjaannya beberapa hari, akhirnya proyek rumah jabatan (rumjab) Bupati Badung, Nyoman Giri Prasta  dan Wakil Bupati Badung, Ketut Suiasa, rampung Minggu (14/1). Rumjab itu pun kini siap diserahterimakan. Selain itu, pada Selasa (16/1) besok,  rumjab yang bernilai Rp 23,4 miliar tersebut akan di-plaspas.“Iya hari Selasa (16/1) akan dilakukan upacara mlaspas. Hanya saja belum serah-terima bangunan seluruhnya. Sehari sebelum upacara mlaspas akan dilakukan serah-terima bangunan,”  ujar Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Badung, IB Surya Suamba, Minggu (14/1).

Lebih lanjut ia mengatakan, secara keseluruhan pengerjaan rumah jabatan ini memang ngaret dari target awal yakni akhir Desember 2017. Akibatnya, PUPR Badung melakukan kebijakan yakni mewajibkan kontraktor bangunan tersebut membayar denda Rp 60 juta per harinya. “Karena pengerjaannya ngaret, kami minta kontraktor membayar denda Rp 60 juta per hari,” ungkapnya.

Sebelumnya, Kepala Bidang Cipta Karya Dinas PUPR Badung, I Gusti Ayu Arinda Trisnawati, menjelaskan, nuansa bangunan dirancang tradisional Bali atau bentuk bangunan yang Tri Angga. Penggunaan material menggunakan paras dan bata, bentuk tembok penyengker atau pembatas dibangun dengan stil Bali dengan pintu masuk yang menggunakan kori. Sementara untuk atap menggunakan atap lelimasan. “Untuk nuansa bangunannya tetap akan menggunakan konsep Tri Anggadan untuk pola pembagiannya tetap menggunakan konsep Tri Mandala,” jelasnya.

Untuk luas bangunanannya, kata dia, rumah jabatan Bupati seluas 1.339 meter persegi, sementara untuk rumah jabatan Wakil Bupati seluas 1303 meter persegi. Sementara untuk keseluruhan luas rumah jabatan dengan semua bangunan penunjangnya ini adalah 1,8 hektar dengan rincian rumah jabatan Bupati sekitar 1 hektare dan Wakil Bupati sekitar 80 are. “Bangunan penunjangnya seperti tempat suci, pendopo, ruang pertemuan, pos jaga, dan garase,” terangnya.

BACA  Dipanen Hanya Sekali

Dia menerangkan, untuk anggaran yang digelontorkan adalah khusus untuk pembangunan rumjab Bupati dan Wakil Bupati. Sedangkan untuk ruang pertemuan anggarannya terpisah. (115)

Komentar

Komentar

About Surya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>