Belum Ada Solusi, Masih Gunakan Badan Jalan

By on January 14, 2018
Belum Ada Solusi, Masih Gunakan Badan Jalan

Mangupura, DenPost

Rencana pemindahan parkir di depan bencingah Puri Mengwi ke eks Kantor Camat Mengwi, ternyata belum terlaksana juga. Padahal wacana ini sudah bergulir di era Bupati AA Gde Agung. Akibatnya, hingga saat ini parkir di kawasan tersebut masih menggunakan badan jalan.Salah satu pemandu wisata yg ditemui di kawasan Objek Pura Taman Ayun, Made Taman, mengakui kurangnya lahan parkir di kawasan objek Pura Taman Ayun. “Dulu saya mendengar ada rencana penataan parkir di sini, tapi sampai sekarang parkirnya masih kurang dan menggunakan bahu jalan. Hal ini jika tak dianggulangi, lama-kelamaan akan menjadi krodit,” ujarnya, Minggu (14/1).

Hal senada dikatakan warga setempat, Nyoman Kory. Menurutnya banyaknya mobil pengunjung milik wisatawan yang parkir di perempatan tersebut. Bahkan, kerap kali menyebabkan kemacetan di jalan yang menjadi Jalur Singaraja-Denpasar. “Dari dulu belum ada lahan parkir, padahal di sini kerap menimbulkan kemacetan,” ujarnya.

Dia mengharapkan agar pemerintah menyiapkan lahan parkir untuk kendaraan khususnya roda empat milik wisatawan. Hal ini dilakukan agar parkir di perempatan tidak mengganggu aktivitas di jalan raya. “Pemerintah sebenarnya harus menyiapkan lahan parkir, entah itu dimana tapi kan masih ada bekas Kantor Camat Mengwi yang bisa dialihfungsikan,” usulnya.

Bendesa Adat Mengwi, Ida Bagus Anom, menjelaskan, memang benar kendaraan yang parkir tersebut merupakan milik wisatawan yang berkunjung ke Objek Wisata Taman Ayun. Hal itu lantaran hingga saat ini pihak Taman Ayun belum memiliki lahan parkir yang memadai. “Sebelumnya kami dari desa akan memanfaatkan lahan bekas Kantor Camat Mengwi dijadikan lahan parkir. Namun karena kesepakatan masyarakat dan gedungnya juga masih bagus kami alihkan akan menjadi Kantor Perbekel Mengwi saja,” jelasnya.

BACA  Jangan Pungut Uang Parkir Lebihi Ketentuan

Dia melanjutkan, untuk lahan parkir akan dibuatkan pada sisi barat eks Kantor Camat Mengwi. Lahan parkir tersebut nantinya akan berlaku untuk umum, entah untuk masyarakat maupun wisatawan yang berkunjung ke Taman Ayun. “Rencannya, sebelah barat dari kantor camat itu akan dijadikan lahan parkir umum,” imbuhnya.

Sementara Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Badung, I Made Wira Dharmajaya, mengatakan, hingga saat ini masih belum mendapat usulan atau laporan terkait alih fungsi eks Kantor Camat Mengwi. “Kami belum menerima usulan di sini (Bappeda), sehingga belum mengetahui akan dialihfungsikan seperti apa bangunan tersebut,” terangnya. (115)

Komentar

Komentar

About Surya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>