Tiga OPD Pemprov Bali Ditugasi Awasi Pilkada Serentak 2018

By on January 12, 2018
Paslon yang Tak Lolos Tes Kesehatan Bisa Diganti

Renon, DenPost

Tiga organisasi perangkat daerah (OPD) Pemprov Bali diberi tugas khusus untuk mengawasi pelaksanaan Pilkada serentak di Bali. Terutama yang diawasi adalah netralitas aparatur sipil negara (ASN). Ketiga OPD tersebut adalah Inspektorat Provinsi Bali, Kesbangpol Provinsi Bali, dan Satpol PP Provinsi Bali.Gubernur Bali, Made Mangku Pastika, mengatakan hal itu usai melantik pejabat struktural eselon II, eselon III, dan eselon IV di Wiswa Sabha, Renon, Jumat (12/1). Dikatakannya, ketiga OPD tersebut diberi tugas untuk mengawasi ASN supaya tetap netral. ASN yang kedapatan tidak netral diancam sanksi pemecatan sesuai isi UU No.5 Tahun 2014 dan Surat Edaran Mendagri terkait MoU antara Mendagri, Jaksa Agung, dan Kapolri.

“Jadi ASN itu harus netral sesuai dengan undang-undang yang ada, tetapi sebagai warga negara jangan golput. Nanti kita bilang netral terus golput. Itu nggak boleh,” kata Pastika.

Dijelaskan, ASN tidak sama seperti TNI/Polri yang harus netral dan tidak mempunyai hak pilih. ASN tetap mempunyai hak pilih, namun tidak boleh ada yang mempengaruhi untuk menjaga netralitasnya. Sekalipun hanya mendapat undangan dari partai politik atau kandidat, ASN tidak bisa sembarangan untuk menghadiri.

Menurut Gubernur, kalau ingin menghadiri undangan, harus izin dulu, minimal izin Sekda. “Cuti juga tidak boleh karena ASN memang tidak boleh berpolitik praktis,” tegasnya. (106)

Komentar

Komentar

BACA  Visi-Misi Giriasa Sentuh Kebutuhan Masyarakat

About Surya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>