Hibah Gong Kebyar untuk Desa Adat Sidan dan Kiadan

By on January 12, 2018
Hibah Gong Kebyar untuk Desa Adat Sidan dan Kiadan

Mangupura,DenPost

Bupati Badung, I Nyoman Giri Prasta, Kamis (11/1) lalu menyerahkan hibah gong kebyar kepada krama Banjar Adat Sidan, dan Desa Adat Kiadan, Kecamatan Petang. Penyerahan seperangkat gong ini sebagai wujud komitmen Pemkab Badung dalam melaksanakan Pola Pembangunan Nasional Semesata Berencana (PPNSB), salah satunya dalam upaya pelestarian seni, adat, agama dan budaya di Kabupaten Badung. Penyerahan hibah gong diawali di Banjar Sidan, Desa Belok Sidan yang diterima Kelian I Wayan Wira dan Perbekel Belok Sidan, I Made Rumawan.Perbekel Made Rumawan mengatakan, bantuan gong kebyar itu sangat positif bagi masyarakat Belok Sidan. “Seperangkat gambelan ini bermanfaat untuk menunjang dan melestarikan adat dan budaya. Termasuk untuk pelestarian potensi anak-anak kami belajar seni tabuh, dan melestarikan budaya tersebut,” ungkapnya.

Pihaknya juga sangat berterima kasih kepada Bupati Giri Prasta yang memberi bantuan yang nilainya sekitar Rp 450 juta. Kata dia, sebelumnya tidak pèrnah ada bantuan seperti ini. Namun, bantuan pembangunan fisik sudah banyak diberi untuk wilayah Desa Belok Sidan.

 Usai menyerahkan hibah gong di Sidan, Bupati Giri Prasta yang didampingi Kabag Humas, Putu Ngurah Thomas Yuniarta; dan Camat Petang, IB Nata Manuaba, juga menyerahkan hibah gong bagi masyarakat Desa Adat Kiadan, Desa Pelaga di Wantilan Banjar Kiadan, Petang. Bupati menyerahkan secara simbolis yang diterima Kelian Adat Kiadan, I Wayan Sukra; dan Perbekel Pelaga, I Gusti Lanang Umbara.

 Giri Prasta menyampaikan, bantuan ini sebagai wujud komitmen melestarikan adat, agama, seni, tradisi dan budaya yang ada di Badung. “Bantuan ini untuk menjaga tatanan adat, budaya, seni dan tradisi itu. Dan kami yakin ini bermanfaat untuk kita bersama, termasuk seka teruna,” terangnya.

BACA  Rancang APBD Perubahan 2016 Pro Rakyat

Bupati juga memberikan kesempatan kepada 535 seka teruna se-Badung, bila ingin memiliki beleganjur, Pemkab siap membantu.Selain gambelan, dia juga siap membantu alat musik dan sarana olahraga agar seka teruna terhindar dari kegiatan negatif. Seperti mabuk-mabukan, geng motor dan terjerumus penyalahgunaan narkoba atau narkotika. “Inilah yang harus kita lakukan untuk menjaga generasi muda Badung yang berkualitas dan hebat,” tambahnya.  Selain seni dan budaya, Bupati juga berkomitmen memberi pelayanan kesehatan dan pendidikan gratis bagi masyarakat Badung. Pemkab juga telah menggratiskan pajak bumi dan bangunan bagi masyarakat Badung, serta pemasangan infrastruktur wifi gratis dari ujung utara hingga selatan Badung.

 Kelian Wayan Sukra juga menyampaikan terima kasih kepada Bupati yang memberi bantuan gong. Bantuan ini sangat bermanfaat untuk pelestarian seni budaya, dan mendukung pelaksanaan upacara yadnya di Desa Adat Kiadan. Untuk itu, tandasnya, masyarakat Kiadan akan selalu mendukung program kegiatan Pemkab dalam upaya menyejahterakan masyarakat. (a/115)

Komentar

Komentar

About Surya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>