Gulungan Kabel Optik Picu Genangan di Nusa Dua

By on January 12, 2018
Gulungan Kabel Optik Picu Genangan di Nusa Dua

Kutsel, DenPost

Hujan deras sejak Kamis (11/1) malam hingga Jumat (12/1) pagi kemarin membuat sejumlah titik Jalan Bypass Kuta dan Kuta Selatan tergenang. Seperti di areal Benoa Square, Simpang Jimbaran serta beberapa titik lainnya di Bypass Nusa Dua. Salah satu penyebab genangan ini, selain air bercampur sampah, ternyata ditemukan adanya gulungan kabel optik yang menghambat laju air di drainase.Pejabat Pembuat Komitmen 11 Satker Pelaksana Jalan Nasional Metropolitan Denpasar, Nyoman Yasmara, saat dimintai komentar, Jumat (12/1) tidak memungkiri adanya genangan di sejumlah titik tersebut.Genangan di kawasan Nusa Dua, kata Yasmara, sebenarnya sudah sering dilakukan normalisasi terhadap drainase yang ada. Namun, ternyata masalah belum juga teratasi.Salah satu penyebab genangan di sana, sebutnya, karena kondisi tanah yang berbentuk cekungan. Hal ini bersampak terhadal bermuaranya air di cekungan tersebut.

Kondisi ini semakin parah, urainya, karena adanya air dipenuhi sampah melalui saluran itu yang merupakan air kiriman dari atas perbukitan. Mengatasi masalah ini, pihaknya akan segera melakukan koodinasi dengan Pemkab Badung. Dia berharap agar di kawasan hulu dibuat serapan untuk mencegah air tidak langsung mengalir ke bawah. “Dengan cara itu juga kami harapkan sampah tidak langsung terbawa air menuju ke laut,” imbuhnya.

Selain sampah, sambung Yasmara, terjadinya genangan air ternyata juga dipengaruhi adanya banyak kabel optik yang melalui saluran drainase. Banyak kabel optik yang masih menggulung di dalam saluran yang menghambat aliran air. “Itu kami temukan di beberapa titik. Kami juga sudah memberikan surat teguran kepada pemilik kabel optik,” tegasnya.

Mengenai genangan air yang ada di Benoa Square, sepengetahuanya disebabkan sebelumnya ada perbaikan pipa akibat  kebocoran pipa PDAM. Sementara itu genangan yang ada  di simpang Jimbaran, disebutnya  akibat drainase tersumbat sampah yang cukup banyak.

BACA  Giri Prasta: Proteksi LPD Dengan Sistem LPD yang Sama

“Selain itu juga disebabkan adanya akar pohon perindang yang masuk ke dalam. Kami sudah mengusulkan ke bagian perencanaan agar segera dialokasikan dana untuk perbaikan. Rencananya nanti saluran itu diganti dengan model U-ditch. Setelah ada anggaran, kami akan koordinasi dengan DLHK Badung untuk memotong pohon perindang” janjinya. (113)

Komentar

Komentar

About Surya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>