Garam Kusamba Sulit Dikemas

By on January 12, 2018
Garam Kusamba Sulit Dikemas

Semarapura, DenPost

Keinginan Pemkab Klungkung memproduksi garam Kusamba menjadi garam beryodium terwujud. Hal ini menyusul telah diproduksinya garam Kusamba menjadi garam yodium oleh tim terpadu Pemkab dengan bekerjasama Koperasi LEPP Mina Segara Dana. Namun proses pembuatan garam Kusamba beryodium ini masih terkendala cuaca karena harus dijemur. Belum lagi garam Kusamba masih berair sehingga sulit dikemas.Menurut Manajer Koperasi LEPP Mina Segara Dana, Gusti Ngurah Sadi Ari Putra, garam Kusamba yang dibeli dari warga tidak langsung diproduksi menjadi garam beryodium. Setelah membeli dari petani garam, garam Kusamba kemudian dijemur dulu karena masih basah. Setelah kering baru dicampur yodium. Setelah itu diolah secara merata dengan mesin pengolahan garam yang diberikan oleh Pemkab dan setelah itu baru dikemas.

“Proses pengeringannya masih menggunakan cara penjemuran di bawah sinar matahari. Tapi kalau masih basah, garamnya tidak bisa dikemas,” ujar Gusti Ngurah Ari Putra, Jumat (12/1).(119)

Komentar

Komentar

BACA  Gubernur Mencak-mencak, Sopir Truk Demo

About Surya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>