Angin Kencang, Pemotor Sempat Dilarang ke Tol

By on January 12, 2018
Angin Kencang, Pemotor Sempat Dilarang ke Tol

Kuta, DenPost

Hujan deras disertai angin kencang yang terjadi, Jumat (12/1) kemarin ternyata berdampak terhadap kelancaran lalu lintas di Jalan Tol Bali Mandara. Meski tidak terjadi penutupan operasional di tol satu-satunya di Bali tersebut, tapi pengendara sempat dilarang melintas karena hembusan angin dinilai berbahaya.Public Relations Officer PT Jasamarga Bali Tol (JBT), I Putu Gandi Ginantra, menegaskan tidak ada penutupan jalur tol saat terjadi angin kencang kemarin. Namun, diakuinya kalau sejumlah pengendara sepeda motor memang sempat disetop sementara di gerbang tol, karena mempertimbangkan angin yang begitu kencang.

Langkah ini, kata dia, dilakukan semata-mata untuk menghindari terjadinya kecelakaan terhadap pengendara saat melintas di jalur tol tersebut. Penghentian melintas ini hanya berlangsung sekitar 10 menit, sampai kondisi angin kembali normal.

“Memang hal ini sering terjadi, tapi tidak begitu lama dan tidak menutup gerbang. Karena kecepatan angin masih di kisaran 28 sampai 35 km per jam. Pengendara sepeda motor memang diimbau untuk berteduh sementara di gerbang tol sampai menunggu angin reda,” paparnya.

Gandi juga menegaskan, penghentian melintas sementara untuk pemotor ini memang sudah sesuai dengan aturan yang ada. Intinya, bila terjadi angin kencang pengendara memang dilarang melintas.Sedangkan untuk pengendara yang sudah terlanjur melintas disiapkan tempat aman, yaitu di bawah bundaran atau persimpangan arah Nusa Dua, Ngurah Rai, dan dari arah Benoa. Para pengendara ini juga dipantau dan diarahkan oleh petugas dari Jasamarga Bali Tol yang ada di lokasi.

Lebih jauh dijelaskan, larangan melintas diberlakukan untuk mobil ketika kecepatan angin mencapai di atas 80-100 km per jam. Sementara yang terjadi kemarin kecepatan anginnya sekitar 28-35 km per jam. “Meski terjadi penghentian sementara, tapi tak terjadi antrean. Kebetulan juga saat hujan pengguna motor cenderung sepi,” imbuhnya.

BACA  Underpass Diharap Rampung Sebelum Acara IMF

Di bagian lain, dia mengimbau, selain terkait cuaca, juga agar selalu memastikan keadaan kendaraannya dalam kondisi baik jika melintas di Tol Bali Mandara. “Khusus bagi pengguna roda dua, bila terjadi hujan, kami harapkan berteduh di gerbang-gerbang tol sampai mendapat instruksi dari petugas tol untuk melanjutkan perjalanan kembali,” sarannya.

Cuaca ekstrem hujan disertai angin kencang memang membuat khawatir sejumlah pengendara. Beberapa pengendara bahkan ada yang mengurungkan niat melintas di tol, karena khawatir terjangan angin yang begitu kencang. (113)

Komentar

Komentar

About Surya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>