Tidak Ada Intervensi Bupati

By on January 11, 2018
Tidak Ada Intervensi Bupati

SEKDA Badung, Wayan Adi Arnawa, terus mengingatkan kepada aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Pemkab Badung untuk tak terlibat politik praktis. Khususnya dalam hajatan Pilkada Bali 2018 mendatang. Regulasi untuk larangan ASN tidak boleh berpolitik praksis juga sudah jelas diatur. “Kami sudah terus menyampaikan, dan mereka semuanya sudah pada mengetahui hal itu,” ujarnya.Disentil kemungkinan ada intervensi Bupati Nyoman Giri Prasta untuk memilih salah satu calon karena dia sebagai Ketua Tim Pemenangan pasangan Wayan Koster-Cok Ace, dia segera menyanggah. Birokrat asal Pecatu ini menegaskan, Giri Prasta sama sekali tidak pernah mengintervensi para ASN. Hal itu, urainya, sudah jelas diatur sesuai ketentuan Undang-undang RI Nomor  10 tahun 2016 tentang perubahan kedua atas UU No 1 tahun 2005 tentang penetapan peraturan pemerintah pengganti UU No. 1 tahun 2014, tentang pemilihan Gubernur Bali dan Walikota.  Selain itu juga diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 53 tahun 2010  tentang Disiplin  Pegawai Negeri Sipil, yang intinya PNS, TNI, polisi, kepala desa/ perangkat desa dilarang  berpolitik praksis. “Regulasinya sudah jelas diatur,” imbuhnya bernada meyakinkan.

Kalau misalnya orang hanya sekadar melihat orang kampanye, sebutnya, itu dibolehkan karena ASN juga sebagai warga negara Indonesia yang berhak mendengar visi-misi calon untuk bisa menentukan pilihan. “Asal ASN tidak jadi juru kampanye, tim pemenangan atau terlibat langsung di dalamnya. Kalau orang mendengar visi-misi kan boleh, saya kira tidak ada masalah. Mendengar orang kampanye tidak masalah, tapi sifatnya pasif,” lugas birokrat yang sempat mencalonkan diri sebagai bakal calon Bupati Badung tahun 2015 silam tersebut.

Hal lainnya, kata dia, sekarang juga sudah ada Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Badung yang memang benar-benar mengawasi jalannya pemilu. Maka dia juga tinggal koordinasi dalam pemantauan ASN yang terlibat politik praksis. “Saya selaku Sekda tetap mengingatkan kepada pegawai terkait tahun ini sebagai politik, ada Pilgub. Namun, tetap kita ikuti ketentuan yang mengatur masalah ASN,” pungkasnya. (dwa)

BACA  Pertamina Turunkan Harga BBM Hingga 200 Rupiah per Liter

Komentar

Komentar

About Surya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>