Ini yang Dikhawatirkan Petani Jeruk Jika Hujan Terus Mengguyur

By on January 8, 2018
Ini yang Dikhawatirkan Petani Jeruk Jika Hujan Terus Mengguyur

Bangli, DenPost

Petani jeruk Kintamani merasa waswas dengan hujan deras yang terus mengguyur. Masalahnya, intensitas hujan yang tinggi bisa menyebabkan jeruk mengalami rontok buah. Kondisi ini menyebabkan beberapa petani terpaksa memanen jeruknya lebih awal.Armada, petani jeruk asal Sukawana, Kintamani, Senin (8/1) mengatakan, harga jeruk saat ini lumayan membaik. Di tingkat petani harga jeruk laku Rp 7 ribu per kilogram. Untuk membuat jeruk bertahan lama, proses penyemprotan juga tidak mungkin dilakukan. Karena intensitas hujan belakangan ini cukup tinggi sehingga penyemprotan tidak akan berhasil.

Petani lainnya di Desa Mangguh, Nengah Selamat mengaku, meningkatnya harga jeruk terjadi sejak dua minggu terakhir. Sebelumnya jeruk petani di Kintamani hanya laku dijual Rp 4 ribu-Rp 5 ribu per kilogram. Kenaikan harga jeruk ini disebabkan karena pasokan yang cukup langka. Saat awal tahun, kata mantan Perbekel Mangguh ini, jeruk Kintamani belum memasuki masa panen raya. Kondisi inilah menjadi salah satu pemicu membaiknya harga di tingkat petani.  (122)

Komentar

Komentar

BACA  Komplotan Curanmor Digulung

About Surya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>