Musim Ikan, Nelayan Jembrana Protes Serbuan Nelayan Luar

By on January 4, 2018
2018, Badung Perjuangkan Ratusan Nelayan Agar Dapat Asuransi

Negara, DenPost
Setelah mengalami paceklik yang cukup panjang, sejak sepekan belakangan ini nelayan Jembrana mulai melaut. Namun para nelayan Jembrana kini kembali harus gigit jari karena adanya serbuan nelayan luar Bali.Sejumlah nelayan Jembrana, Kamis (4/1) mengatakan, nelayan yang menyerbu wilayah perairan Jembrana di antaranya dari Muncar, Jawa Timur dan mulai  menyusup untuk mencari ikan di perairan Jembrana.

Dari informasi, nelayan asal luar Bali tersebut ada yang mengunakan perahu kecil/jukung dan ada pula mengunakan perahu selerek. Adanya serbuan nelayan luar tersebut membuat nelayan lokal gerah dan protes. Karena hasil tangkapan mereka menjadi jauh berkurang dan bahkan ada yang pulang tanpa hasil.
Malikur, salah seorang nelayan asal Desa Air Kuning, Jembrana mengatakan, belakangan ini banyak nelayan dari Jawa mencari ikan di laut Jembrana. Ada yang mancing dan ada pula yang menggunakan jaring.
Menurutnya jika sudah nelayan dari Jawa yang masuk dan mencari ikan di laut Jembrana, nelayan lokal pasti kalah karena peralatan yang tidak memadai. Peralatan nelayan dari Jawa katanya lebih bagus dibandingkan nelayan lokal.
Malikur juga mengatakan, saat ini juga ada sebutan dari nelayan Jawa di laut Rambut Siwi itu disebut mesin ATM karena di lokasi itu ikannya banyak dan tinggal ngambil saja. (120)

Komentar

Komentar

BACA  Ribuan Tanaman Penghijauan Bendungan Palasari Dibakar

About Surya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>