Check Dam Tenggelam, Akses Jalan Warga Terputus

By on January 4, 2018
Check Dam Tenggelam, Akses Jalan Warga Terputus

Semarapura, DenPost

Pendangkalan yang terjadi di Sungai Unda akibat material erupsi Gunung Agung tidak hanya mendatangkan rejeki bagi warga, tapi juga membuat chek dam menuju wilayah Desa Tangkas, Klungkung tenggelam. Kondisi ini membuat aktivitas warga Tangkas yang berada di seberang timur Sungai Unda terisolasi. “Dulu chek dam ini biasa dilewati warga yang berada di seberang timur. Bahkan dapat dilalui kendaraan roda empat. Tapi sekarang sudah ditenggelamkan arus air,” ujar salah seorang warga, I Putu Andika, Kamis (4/1).

Perbekel Tangkas, I Wayan Tilem, mengatakan check dam tersebut sudah tenggelam sejak sebulan lalu, atau sejak muara sungai Unda diterjang oleh lahar dingin yang membawa material piroklastik erupsi gunung agung seperti pasir dan batu. Material tersebut lalu  mengendap dan menyebabkan pendangkalan hingga empa meter. Check dam yang dulunya lebih tinggi empat meter, saat ini sudah rata dengan dasar sungai. “Saya bersama prajuru dan bendesa di Desa Tangkas sudah berkoordinasi dengan Balai Wilayah Sungai Bali Penida dan Dinas PU Klungkung, meminta agar dilakukan penggalian sedimen pasir di sekitar check dam. Karena kondisi check dam sekarang tidak lagi berfungsi akibat pendangkalan,” ujar Wayan Tilem. (119)

Komentar

Komentar

BACA  Baru Tuntas Dikerjakan

About Surya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>