Petugas BPBD Evakuasi Keluarga Sebita

By on December 28, 2017
Petugas BPBD Evakuasi Keluarga Sebita

Semarapura, DenPost

Kondisi keluargaMade Sebita yang rumahnya terendam air Sungai Unda mendapat perhatian petugas BPBD Klungkung. Kamis (28/12), petugas BPBD langsung mengevakuasi keluarga Made Sebita yang tinggal di bawah jembatan Jalan Bay-pass IB Mantra di Desa Tangkas.  Sebita bersama istri dan kedua anaknya yang mengalami gangguan mental langsung dievakuasi menggunakan truk BPBD. Sebelum dievakuasi, Sebita bersama keluarganya sebenarnya sudah mengungsi terlebih dahulu ketika rumahnya yang berbentuk gubug terendam air dan pasir Sungai Unda enam hari lalu. Mereka mengungsi di satu bangunan bekas percetakan batako milik I Ketut Kota. Tapi lokasi mereka mengungsi hanya berjarak sekitar 50 meter dari rumahnya yang berada di bawah jembatan. “Kami tidak ingin mengambil risiko. Untuk mengantisipasi korban jiwa akibat luapan air Sungai Unda, maka kami mengevakuasi keluarga Sebita lagi ke tempat tinggalnya di Banjar Peken, Desa Tangkas,” ujar Kepala Pelaksana BPBD Klungkung, Putu Widada.

Menurut Widiada, mulanya petugas BPBD bersama aparat desa sudah mengimbau agar Sebita dan keluarganya mengungsi. Sudah sempat dipindahkan ke balai banjar. Namun, hanya bertahan beberapa hari mereka kembali ke gubuk tua tersebut. Hanya saja, karena melihat kodisi rumah yang terendam lumpur, Sebita yang sehari-hari bekerja sebagai pemulung ini memutuskan tinggal di bangunan bekas percetakan batako milik I Ketut Kota.

Melihat kondisi tersebut, Putu Widiada segera memerintahkan evakuasi agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Apalagi saat ini, wilayah Klungkung kerap dilanda hujan deras. Kini keluarga Sebita sudah menempati rumah permanen, yang sebelumnya dibangun melalui program Bedah Desa yang dilakukan oleh Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta. Untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, BPBD Klungkung juga memberikan bantuan seperti beras dan kebutuhan rumah tangga lainnya. (119)

BACA  Pasar Semarapura Segera Direvitalisasi

Komentar

Komentar

About Surya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>