Desa Petang Siapkan Perdes

By on December 15, 2017
Desa Petang Siapkan Perdes

TIDAK hanya pihak desa adat yang menyiapkan perarem penyalahgunaan narkoba di Kabupaten Badung, tapi desa dinas juga ikut melakukan hal serupa. Seperti dilakukan di Desa Petang. Aparat Pemerintah Desa Petang kini tengah menunggu verifikasi dari Kabupaten Badung untuk rancangan peraturan desa (ranperdes) tentang keamanan dan kenyamanan lingkungan. Perdes ini akan menjadi payung hukum untuk pelaksanaan pemberantasan narkoba, atau pencegahan masuk/beredarnya narkoba di wilayah Desa Petang.Untuk Desa Adat  kan sudah masuk ke pararem mengenai narkoba. Untuk di desa dinas, sudah kami siapkan Ranperdes dalam pengaturan pencegahan narkotika,” ujar Perbekel Petang, Wayan Suryantara.

Dia menyebutkan, untuk pelaksanaannya nanti akan dimulai pada 2018 mendatang. Yang bertugas sebagai pengawal Perdes tersebut adalah isntansi Perlindungan Masyarakat (Linmas). Sedikitnya ada 33 anggota Linmas di Desa Petang, dan nanti setiap hari akan ada 3 orang yang siaga.

Anggota Linmas ini, sambungnya, akan memiliki peran dan fungsi memonitor lingkungan desa terkait kerawanan tentang peredaran narkoba. Karena menyangkut masalah narkoba, Linmas akan memantau dan memberi informasi, selanjutnya baru akan ditindaklanjuti atau dieksekusi oleh tim pemberantasan narkoba. “Nanti tugasnya akan memantau atau memonitor permasalahan penyalahgunaan narkotika yang ada di Petang. Semua sudah disiapkan di Perdes, nanti tinggal membuatkan SK (Surat Keputusan) untuk ruang lingkup teknis tentang kegiatannya seperti apa. Karang taruna juga ikut berperan melaksanakan sosialisasi, juga memberi edukasi kepada masyarakat tentang bahaya narkoba,” urainya panjang-lebar.

Desa Petang terlihat serius mengamankan wilayahnya dari penetrasi narkoba. Hal itu bisa dilihat dari cukup besarnya anggaran yang disediakan, sekira Rp 200 juta lebih. Linmas juga diberi uang transport senilai Rp 50 ribu untuk sekali jaga. Sedangkan untuk karang taruna, kata dia, sifatnya pemberdayaan dan kegiatan karena memerankan sebagai mentor masyarakat.

BACA  Verifikasi Kabupaten Sehat

“Kami hanya gelontorkan anggaran untuk kegiatan, seperti kegiatan sosialisasi atau pembuatan pamflet. Intinya, kami semua di Petang ini sudah memiliki inisiasi bagaimana narkoba untuk kita atensi bersama. Bagaimana nanti semua juga turut ikut serta mendeteksi lapangan terkait dinamika masyarakat, khususnya generasi muda,” tandasnya. (dwa)

Komentar

Komentar

About Surya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>