Tak Sesuai Aturan, Sekda Menolak

By on December 14, 2017
Tak Sesuai Aturan, Sekda Menolak

Mangupura, DenPost

Lesunya pariwisata akibat erupsi Gunung Agung  membuat kelimpungan sejumlah pengusaha pariwisata di Kabupaten Badung. Karena kondisi tersebut, sejumlah pengusaha mengusulkan ada kebijakan pemerintah untuk memberi diskon pembayaran pajak hotel dan restoran. Juga menunda pemberlakukan Upah Minimum Kabupaten (UMK). Usulan tersebut  terlontar dari pertemuan sejumlah komponen pariwisata di Bali dengan Pemerintah Kabupaten Badung di Puspem Badung, Kamis (14/12).Usulan untuk diskon PHR tersebut dilontarkan perwakilan komponen Bali Vila Asosiasi yang mulai merasakan penurunan wisatawan menginap di Bali. “Kami memohon ada kebijakan dari pemerintah seperti diskon pajak atau mungkin penundaan penetapan UMK, mengingat kondisi saat ini,” ujar Yoga Iswara yang merupakan salah satu perwakilan dari Bali Vila Asosiasi.

Menanggapi hal tersebut Sekda Badung, Wayan Adi Arnawa, usai mengikuti pertemuan dengan komponen pariwisata mengungkapkan, memberi diskon PHR sangat tidak dimungkinkan sesuai dengan aturan. “Pajak kan sudah ditetapkan 10 persen tidak mungkin untuk dikurangi. Namun, di sinilah peran pemerintah untuk menjadi fasilitator serta mendorong komponen pariwisata untuk mendatangkan wisatawan. Karena tidak hanya meminta, tapi ikut memfasilitatori memulihkan pariwisata kita yang sedang lesu ini,” ujarnya.

Meski demikian, untuk UMK yang diusulkan oleh para pengusaha ini nanti akan dibicarakan lebih lanjut. “Saat ini belum bisa lah, nanti kita bicarakan lagi dengan pihak tripartid untuk mendapat solusi terbaik” paparnya. (115)

Komentar

Komentar

BACA  Delineator Jalan Penarungan Banyak Rusak

About Surya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>