Desa Ungasan Gelar Dharma Tula

By on December 14, 2017
Desa Ungasan Gelar Dharma Tula

Ungasan, DenPost

Desa Ungasan, Kamis (14/12) menggelar dharma tula bertemakan Struktur, Konstruksi, dan Keberagaman Dalam Hindu. Kegiatan dua hari ini dibuka Perbekel Ungasan, Made Kari. Dua narasumber yang dihadirkan yakni Ida Pandita Mpu Jaya Acarya Nanda serta Made Wena selaku Wakil PHDI Badung Bidang Organisasi dan Humas.Menurut Kari, kegiatan ini untuk penyamaan persepsi pemangku/pinandita, serati, manggala karya  tentang tatwa, susila, dan upacara pada tatanan aplikasi. Juga merupakan program Desa Ungasan di bidang pembinaan kemasyarakatan, dengan dana operasional seluruhnya dibebankan ke APBDes 2017. Selain dharma tula, dia juga telah melakukan berbagai kegiatan di bidang ini.

Lewat dharma tula, dia berusaha meningkatkan praktik pemahaman tatanan agama Hindu ini ke depannya. “Kami akan serahkan ke sabha mangku untuk menyampaikan kegiatan ke desa agar bisa kami masukkan dalam program desa,” harapnya.

Made Wena menegaskan, dharma tula ini sangat bermanfaat. Sayang, sejauh ini baru dilaksanakan ketika ada upacara besar.Padahal dharma tula merupakan  bagian dari yadnya. Dia mengajak umat Hindu bangga karena di asksara Dewa Nagari sudah mengenal pembagian empat zaman yang disebut Catur Mahayuga. Terdiri dari Satyayuga atau Kertayuga, Tretayuga, Dweparayuga dan era sekarang yang disebut memasuki Kaliyuga.

Bendesa Adat Kutuh ini memaparkan makna masing-masing zaman, serta bagaimana menghadapi era global agar umat Hindu tidak tergilas oleh zaman ini. Termasuk tantangan yang akan dihadapi memasuki zaman Kaliyuga ini. Wena juga menyinggung tentang perlunya persamaan persepsi baik itu oleh pinandita, serati maupun umat itu sendiri dalam melaksanakan yadnya.

Ida Pandita Mpu Jaya Acarya Nanda membawakan makalah tentang Perayaan Hari Suci Agama Hindu serta pelaksanaan hari suci tersebut. Seperti Pagerwesi, Tumpek, Galungan serta kaitannya dengan perkembangan saat ini. Selain diikuti para pemangku dan serati, dharma tula kali ini juga melibatkan anggota WHDI Desa Ungasan, para kelian serta dihadiri Bendesa Adat Ungasan, Ketut Marcin. (b/113)

BACA  Lomba Ogoh-ogoh Desa Adat Pecatu

Komentar

Komentar

About Surya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>