Warga di Bantaran Tukad Barak Juga Mengungsi

By on December 6, 2017
Warga di Bantaran Tukad Barak Juga Mengungsi

Selat, DenPost

Terjangan lahar hujan yang terjadi sejak beberapa waktu terakhir menimbulkan keresahan warga di sekitar aliran-aliran sungai. Bahkan, beberapa warga yang tinggal di bantaran sungai juga mulai mengungsi. Informasi yang diperoleh DenPost Rabu (6/12), puluhan KK yang bermukim di bantaran Tukad Barak, Selat terpaksa mengungsi karena takut tempatnya dilalui lahar. Wilayah tersebut memang masuk dalam zona kawasan rawan bencana (KRB) I.

Salah seorang warga, Komang Rediasa, terjangan material lahar berupa lumpur, pasir dan bebatuan membuat warga di bantaran sungai mulai ketakutan. Meski sejauh ini belum dialiri lahar hujan, puluhan KK warga yang tinggal di pinggiran Tukad Barak mulai mengungsi. “Mereka merasa ketakutan, terlebih Tukad Barak sngat sempit. Jika diterjang lahar dingin, rumah warga akan habis,” katanya.

Warga di bantaran Tukad Barak yang rentan terdampak banjir lumpur hampir 60 KK. Kekhawatiran lainnya warga takut terjangan lahar dingin akan memutus jembatan sehingga arus transportasi terganggu.
Sementara itu terjangan lahar dingin yang membawa material lumpur pasir dan batu-batu besar di Tukad Telaga Waja (Yeh Sah), Desa Muncan, Selat, Karangasem juga membuat aktivitas rafting mati total. Sejumlah peralatan rafting hanyut karena terlambat diselamatkan.
Menurut Wayan Amayasa, petugas Bukit Cili Rafting, menuturkan, tinggi air sekitar lima meter dan merusak bangunan pendukung usaha pariwisata rafting. Saat lahar hujan melanda, sejumlah peralatan rafting seperti jaket, helm, boat sebagian hanyut. Bangunan pendukung juga rusak parah akibat tertimbun lumpur yang berasal dari Gunung Agung. “Banyak barang yang hanyut sehingga kerugiannya mencapai ratusan juta rupiah,” katanya. (122)

Komentar

Komentar

BACA  Sempat Menghilang, Rizaldy Akhirnya Diciduk

About Surya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>