Yeh Sah Kembali Diterjang Banjir Lumpur

By on December 5, 2017
Yeh Sah Kembali Diterjang Banjir Lumpur
Amlapura, DenPost
Hujan yang mengguyur Karangasem serta kawasan Gunung Agung Selasa (5/12), kembali memicu banjir lahar hujan di sejumlah sungai. Sungai Yeh Sah di Desa Muncan, Kecamatan Selat, salah satunya. Banjir lahar sudah terjadi ketika wilayah perkampungan belum diguyur hujan.
‘’Hujannya lebih dulu di daerah atas. Setelah air sungai mulai meninggi barulah ada hujan di sini,’’ terang I Wayan Turun Adnyana (45), salah seorang pengelola usaha rafting di alur sungai tersebut.

Hujan turun mulai siang hari. Naiknya air Sungai Yeh Sah yang bercampur lumpur juga kembali menjadi tontonan warga. Tak sedikit warga yang sengaja datang untuk menonton fenomena langka tersebut. Banyak dari mereka yang mengabadikan dengan kamera video telepon seluler. Namun kali ini warga yang menonton sudah mulai memikirkan keamanan. Nyaris tak ada lagi yang menonton dari atas Jembatan Yeh Sah.

Banjir lumpur ataupun banjir lahar dingin kali ini memang tidak sepekat banjir sebelumnya. Namun demikian, semakin sore ketinggian air makin meningkat. Air sungai juga masih besar meskipun sekitar pukul 17.30 hujan di seputaran Jembatan Yeh Sah hujan sudah reda. Derasnya arus bahkan sampai menumbangkan pepohonan yang sebelumnya berdiri kokoh di pinggir alur sungai. Arus di sisi timur alur sungai lebih deras dari di sisi lainnya. Kondisi itu tentunya mengancam tiang jembatan yang konstruksinya berupa beton.  (117)

Komentar

Komentar

BACA  Jembatan Darurat di Petang Belum Bisa Dilalui

About Surya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>