Erupsi Gunung Agung Datangkan Berkah di Klungkung

By on December 4, 2017
Erupsi Gunung Agung Datangkan Berkah di Klungkung

Semarapura, DenPost

Meningkatnya aktivitas Gunung Agung ternyata tidak selalu menimbulkan dampak negatif. Buktinya, di Kabupaten Klungkung,  banjir yang terjadi di Sungai Unda beberapa waktu lalu justru mendatangkan rezeki bagi warga. Material pasir Gunung Agung yang terbawa arus banjir, saat ini mulai dikeruk oleh warga sekitar. Meskipun harganya murah, pasir tersebut dijual oleh warga untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.Seperti yang dilakukan Wayan Budiarta, Senin (4/12). Terik matahari dan aroma belerang yang cukup menyengat tak mematahkan semangatnya mencari pasir. Dengan peralatan seadanya, pria asal Desa Paksebali, Kecamatan Dawan ini terus menyisir anak Sungai Unda. Sedikit demi sedikit, pasir yang dikumpulkannya dibibir sungai kemudian dijual.

“Sudah 18 hari saya tidak turun mencari pasir karena kondisi sungai Unda yang terus banjir. Dan baru kemarin  (Minggu (3/12)) saya turun cari pasir,” ujar Budiarta.

Menurut Budiarta sejak terjadi banjir, jumlah pasir di Sungai Unda melimpah. Lokasi-lokasi eks galian yang dulunya dikeruk kembali dipenuhi pasir. Diapun tidak sendiri mencari pasir. Ada sejumlah warga lokal juga ikut turun mencari berkah bencana erupsi Gunung Agung di Sungai Unda. Apalagi  kualitas pasir pasca banjir ini tidak jauh berbeda dengan pasir yang diperoleh dari galian di Karangasem.

“Dalam sehari, kami bisa mengumpulkan pasir sebanyak 1,5 kubik,” katanya. (119)

Komentar

Komentar

BACA  Badung Siap Beri Pelayanan Wisatawan Menginap Sehari

About Surya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>