Pemkab Badung Siapkan Pembelajaran E-Learning

By on November 22, 2017
Pemkab Badung Siapkan Pembelajaran E-Learning

Mangupura, DenPost

Dinas Pendidikan, Kepemudaan, dan Olahraga (Disdikpora) Badung merencanakan menggunakan sistem pembelajaran dengan e-Learning(yang memanfaatkan teknologi internet). Rencananya, sistem ini akan diterapkan dalam APBD Perubahan 2018 mendatang. “Tahun 2018 Badung akan menerapkan Smart City. Untuk mendukung itu, kami saat ini sedang merancang pembelajaran dengan e-Learning ini,” ujar Kepala Bidang Pembinaan Pendidikan Dasar Disdikpora Badung, I Made Mandi, saat dihubungi, Selasa (21/11) lalu.Dia memaparkan, untuk 2018 seluruh wilayah Badung juga akan didukung dengan fasilitas Wifi (akses internet) gratis. Dengan demikian, jika program terebut sudah berjalan, maka Disdikpora akan menerapkan sistem pembelajaran berbasis teknologi informasi (TI) ini yang membutuhkan akses internet. “Apalagi nanti semua akan mendapat layanan Wifi gratis. Jika itu sudah jalan, baru kami mulai terapkan,” jelasnya.

Rencana mendatang, dia menyebut semua aktivitas pembelajaran maupun administrasi seperti ulangan harian, ulangan umum, rapor akan berbasis TI atau memanfaatkan teknologi. Selain itu, apa yang dipelajari siswa di sekolah juga akan bisa diakses orangtua masing-masing.  “Tapi ini masih dalam tahap perencanaan dulu. Ke depannya kami ingin semua itu menggunakan sistem berbasis TI,” katanya.

Sampai saat ini, sambungnya, tahapan program ini masih dalam pembahasan. Sebelumnya, instansinya juga sudah melakukan kunjungan ke Yogyakarta terkait bagaimana bentuk dan pelaksanaannya. Yang pasti, dia sangat berharap program ini bisa diterapkan. “Harapan kami semoga saja di Anggaran Peruban 2018 bisa jalan. Semoga saja tidak ada hambatan yang berarti, karena 2018 Badung sudah mulai untuk Smart City,” harapnya.

Di kesempatan terpisah, Kepala  Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Badung, I Wayan Weda Dharmaja, menyebut program Wifi gratis ini mulai dilaksanakan pada tahun 2018. Anggaran yang dipasang senilai Rp 60 miliar. Hingga saat ini, pemasangan serat optik sepanjang 153 km dari wilayah Badung Selatan hingga Badung Utara sudah diselesaikan. “Untuk pemasanganfiber optic (serat optik) tahun ini sudah selesai sepanjang 153 km. Saya gelar backbone-nya dari Tanjung Benoa sampai dengan Pelaga,” jelasnya.

Nanti ada dua indikator yang menunjang menuju penerapan e-Learning, yakni programnya ada di Disdikpora. Sementara untuk infrastrukturnya didukung Diskominfo. “Targetnya nanti di pertengahan bulan Januari 2018 lah. Nanti bergantung juga proses lelalng dan tender yang dilaksanakan,” pungkasnya. (115)

Komentar

Komentar

BACA  Sapi Betina Produktif Dipotong, Pengawasan RPH Belum Maksimal

About Surya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>