Nelayan Wanasari Tuban Gelar Lomba Mancing

By on November 19, 2017
Nelayan Wanasari Tuban Gelar Lomba Mancing

Tuban, DenPost

Kelompok Nelayan Wanasari, Tuban, Minggu (19/11), menggelar lomba mancing di kawasan Teluk Benoa. Kegiatan yang dibuka Bendesa Adat Tuban, Wayan Mendra ini memperebutkan total hadiah Rp 8,5 juta.Event bertajuk Mangrove Fishing Tournament Wanasari 2017 sekaligus untuk memperingati HUT ke-22 LPD Tuban dan Hari Pahlawan ke-72.

Ketua Kelompok Nelayan Wanasari Tuban, Made Sumasa, mengatakan, selain untuk mempertegas eksistensi nelayan, kegiatan ini juga sebagai hiburan bagi anggota nelayan yang selama ini berkutat menjaga eksistensi kawasan hutan mangrove melalui konservasi yang rutin dilaksanakan.

Lewat ajang ini Nelayan Wanasari mengajak masyarakat untuk menjunjung tinggi jiwa kebersamaan dan sportivitas. Selain itu juga untuk memotivasi masyarakat pesisir khususnya kalangan generasi muda agar memanfaatkan laut sebagai sumber pendapatan melalui kegiatan penangkapan ikan dan wisata bahari memancing. “Melalui fishing turnament ini kami harapkan kunjungan wisatawan ke Ekowisata Wanasari bisa meningkat, serta memupuk jiwa kebersamaan kepada anggota untuk kita ajak bersama-sama menjalankan program pelestarian kawasan pesisir secara berkelanjutan,” papar Sumasa.

Setelah bersaing menaklukkan ikan yang ada di Teluk Benoa, akhirnya juara I diraih Putu Suadnyana dengan berat ikan 1,90 kg, juara II diraih Wayan Muliana dengan berat ikan 1,58 kg, serta juara III diraih Ketut Sudakarya dengan berat ikan 1,51 kg.

Sumasa didampingi panitia lomba lebih memaparkan, kegiatan ini digelar setiap tahun. Dikatakan pula, ikan yang didapat peserta dari tahun ke tahun semakin menurun. Bahkan para nelayan relatif kesulitan dalam mencari ikan. Kondisi ini diperkirakan karena maraknya pembangunan dan pola masyarakat yang kurang memperhatikan lingkungan. Termasuk masalah sampah plastik dan sampah kiriman dari hulu Tukad Mati diakuinya juga cukup menganggu ekosistem laut dan bakau di kawasan tersebut.

BACA  Usai Mendaftar, Kedua Paslon Belum Jalani Tes Kesehatan

Untuk itu pihaknya berharap masyarakat untuk ikut memposisikan diri dan bersama-sama menjaga lingkungan, dengan tidak membuang sampah ke laut dan sungai.

Meski begitu, dia mengaku bersyukur karena Nelayan Wanasari berhasil meraih juara satu sebagai menerima penghargaan Silpakara Nugraha dari Pemkab Badung, terkait penyelamatan lingkungan.

“Kami terus melakukan penanaman dengan harapan ikan akan kembali bertambah. Sebab inilah kehidupan kami dan tempat kami mencari makan. Kami harap di Tukad Mati jangan dibiarkan begitu saja sampah kiriman ini langsung ke Teluk Benoa,“ pungkasnya. (b/113)

 

Komentar

Komentar

About Surya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>