Desa Pecatu Gelar Melasti

By on November 19, 2017
Desa Pecatu Gelar Melasti
Pecatu, DenPost
Krama Desa Adat Pecatu menggelar prosesi melasti, Sabtu (18/11). Prosesi ini dilakukan untuk memohon hujan sebelum bercocok tanam.
Nuansa magis menyelimuti di tengah prosesi berlangsung. Puluhan warga secara bergantian mengalami kerauhan sembari ngunying (menancapkan keris ke bagian tubuh).

Bendesa Adat Pecatu, Made Sumerta, menjelaskan, rangkaian pamelastian ini dimulai  dari  prosesi ngaturin. “Melasti dipustakan di Pantai Labuan Sait. Tujuannya untuk memohon kepada Ida Batara agar segera turun hujan, agar masyarakat bisa memulai bercocok tanam,” terangnya.

Sumerta  juga menjelaskan, upacara ngaturin juga dilakukan di masing-masing paibon. Ritual ini menurutnya sudah digelar secara turun-temurun sejak zaman dahulu kala. Upacara ini dilaksanakan setiap tahun pada sasih kalima. “Pada pamelastian ini juga dilakukan prosesi nedunang Ida Batara untuk mensinkronkan prosesi upacara secara niskala dan skala,” paparnya.
Ditambahkannya, prosesi nedunang Ida Batara juga bertujuan untuk menanyakan apakah upacara ini benar dilaksanakan atau tidak serta meminta petunjuk apa kira-kira kekurangan. “Dengan begitu kami di alam nyata ini dengan segala keterbatasan memohon agar  upacara ini bisa berjalan sesuai dengan harapan,” jelasnya.(113)

Komentar

Komentar

BACA  2016, Badung Naikkan Harga Tiket Masuk ODTW

About Surya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>