Aktivitas Vulkanik Gunung Agung Menurun

By on November 19, 2017
Aktivitas Vulkanik Gunung Agung Menurun
Rendang, DenPost
Aktivitas vulkanik Gunung Agung terus mengalami tren penurunan sejak sepekan terakhir. Meski gempa terus berkurang, Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) masih terus melakukan pemantauan. Penurunan status dari level III (siaga) ke level II (waspada) masih bakal dievaluasi.
Turunnya aktivitas kegempaan vulkanik Gunung Agung diakui Kepala Sub Bidang Gunung Api Wilayah Timur Devy Kamil Syahbana, Sabtu (18/11). Turunnya aktivitas kegempaan terjadi sejak Senin (12/11) lalu. Peralatan yang dipasang juga merekam adanya kegempaan sangat dangkal, namun jumlahnya tidak signifikan.

Dijelaskannya, aliran fluida magmatik masih terjadi yang ditandai dengan masih adanya tremor spasmodik. Tetapi jumlahnya dikatakan tidak signifikan. “Sedangkan deformasi cenderung menunjukkan pola stasioner. Belum teramati lagi pola deformasi signifikan baik itu inflasi maupun deflasi yang sebelumnya teramati jelas,” bebernya.

Lanjutnya, dari pemantauan satelit, energi termal masih teramati di permukaan kawah. Dari rekaman satelit pada 14 November lalu, terpantau adanya sedikit pelebaran di salah satu lubang keluarnya asap saat ini. Asap juga masih keluar hingga ketinggian 700 meter dari puncak. Asap muncul karena kemunculan gempa low frekuensi dan hembusan manifestasi aliran fluida panas ke permukaan. Sebab lainnya karena hujan. (122)

Komentar

Komentar

BACA  Mabuk, Turis AS Lukai Satpam Sky Garden

About Surya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>