Pembubaran Harus Komprehensif

By on November 17, 2017
Pembubaran Harus Komprehensif

PROGRAM Pemkab Badung menertiban tempat-tempat prostitusi terselubung mendapat apresiasi DPRD Badung. Meski memuji, legislatif pun minta kegiatan prostitusi di tempat lokalisasi lain yang mendapat sorotan masyarakat juga mesti segera ditindaklanjuti.Ketua Fraksi PDI Perjuangan Badung, I Gusti Anom Gumanti, Jumat (17/11) menuturkan, pembersihan tempat prostitusi tidak hanya berlaku untuk kawasan Kuta Selatan saja. Menurutnya perlu ada sasaran jelas hingga ke ujung utara wilayah Badung. Dia meyakini masih banyak tempat seperti itu selain di Kuta Selatan. “Kami mendukung langkah Satpol PP untuk menata kawasan Badung lebih baik. Penataan masalah prostitusi ini sebaiknya tidak hanya dilakukan satu pihak, perlu ada lintas sektoral atau sejumlah organisasi perangkat daerah lain ikut dilibatkan,” sarannya.

Anggota Komisi I DPRD Badung ini memberi contoh dalam merehabilitasi para pedagang di tempat lokalisasi. Untuk mengurus ini Dinas Sosial dipandang perlu ikut terlibat dalam memberi pelatihan, agar mereka tidak terjerumus dalam kegiatan prostitusi. “Sebelum dipulangkan ke daerah asalnya, pemerintah bisa membantu mereka dengan memberi pelatihan positif sementara. Jadi, para penjaja seks komersial tersebut  tidak kembali lagi menjadi PSK ke Bali. Selain itu pengembangan untuk pencegahan terjadinya prostitusi online (daring), Satpol PP juga bisa bekerja sama dengan kepolisian untuk melacak terjadinya transaksi prostitusi secara online ini,” pintanya.

Dalam pandangan Anom Gumanti, yang terjadi di Kuta Selatan itu hanya sebagian kecil saja dari realita yang ada. Dia menilai masih banyak tantangan yang menunggu Satpol PP Badung dalam memerangi penyakit masyarakat yang satu ini. Satpol PP, sebutnya, harus melakukan penanganan secara komprehensif. “Ini kan baru sebatas penanganan yang ada saja, tapi yang akan ada juga perlu dilakukan antisipasi. Gerakan ini tidak bisa dilakukan konvensional seperti saat ini saja, tapi tim penegak perda harus memiliki inovasi baru dalam melakukan penegakan. Seperti membuka layanan pengaduan online agar masyarakat bisa cepat terlayani,” serunya. (dwa)

BACA  Jadi Blok Khusus, Proyek Tukad Mati Dikebut

Komentar

Komentar

About Surya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>