Parkir Badung Tak Berorientasi Dongkrak Pendapatan Daerah

By on November 17, 2017
Parkir Badung Tak Berorientasi Dongkrak Pendapatan Daerah

Mangupura, DenPost

Pengelolaan parkir di Kabupaten Badung lebih kepada penataan dan penertiban, dan sesungguhnya tidak berorientasi untuk mendongkrak pendapatan daerah. Hal tersebut dikemukakan Wakil Bupati Badung, Ketut Suiasa, usai memberi jawaban atas pemandangan umum fraksi-fraksi di DPRD Badung, Jumat (17/11).Suiasa mengutarakan pernyataan itu sebagai respons atas saran salah satu legislator agar Pemkab Badung membangun Perusahaan Daerah (PD) Parkir. “Pengelolaan parkir secara profesional hanya berorientasi kepada penataan dan penertiban, sehingga perlu partisipasi dari masyarakat,” katanya.

Walau begitu, Suiasa yang saat itu didampingi Wakil Ketua DPRD Badung Nyoman Karyana dan Made Sunarta, memastikan Pemkab akan mengkaji pembentukan PD Parkir tersebut. Feasibility study (FS) akan segera dilaksanakan. Selain itu, tegasnya, Pemkab harus mengadakan komunikasi dengan masyarakat. “Sepanjang memungkinkan, kenapa tidak?” sambungnya.

Menurut politisi asal Pecatu, Kuta Selatan itu, selama ini parkir di ruas-ruas jalan dikelola kelompok-kelompok masyarakat seperti LPM, desa adat, maupun desa. Selama ini, potensi parkir dikelola oleh masyarakat. Jika ditarik begitu saja, katanya, tentu saja tidak elok. Sementara saat ditanya soal usul tenaga kebersihan hingga ke tingkat banjar, Suiasa menegaskan sudah menjadi perhatian pemerintah. “Namun bukan berarti tenaga kebersihan ada di tingkat banjar,” sebutnya buru-buru menjelaskan.

Menurutnya, legislatif berharap perhatian terhadap tenaga kebersihan ini harus diperluas hingga ke tingkat banjar. Artinya, cakupan atau jangkauannya perlu diperluas. Untuk itu, kata Suiasa, akan ada penambahan jumlah personel yang diperlukan. Penambahan ini dilakukan secara proporsional berdasarkan luas wilayah desa, jumlah banjar, potensi sampah dan sebagainya.

Jika memang luas, dari saat ini lima orang tenaga kebersihan, jumlahnya bisa saja ditambah. “Namun, jika wilayahnya sedikit, jumlah banjarnya sedikit, lima orang tenaga ini tidak akan ditambah,” pungkasnya. (115)

BACA  DED Rampung, Pemasangan CCTV Batal

Komentar

Komentar

About Surya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>