Lagi, Kejari Denpasar Keok

By on November 17, 2017
Lagi, Kejari Denpasar Keok

Denpasar, DenPost

Lagi-lagi Kejaksaan Negeri (Kejari) Denpasar keok alias kalah atas perkara dugaan korupsi proyek senderan Tukad Mati di Jalan Legian, Kuta. Setelah keok dalam praperadilan pertama dengan pemohon I Wayan Seraman, kini untuk kedua kalinya kejaksaan harus menelan pil pahit. Praperadilan kedua dengan pemohon AA Gede Dalem ini kembali dikabulkan hakim tunggal, Angelicky, pada sidang di Pengadilan Negeri (PN) Denpasar, Kamis (16/11) kemarin.“Mengadili satu menerima sebagian gugatan yang diajukan pemohon,” kata hakim. Hakim juga menyatakan, penetapan tersangka atas AA Gede Dalem yang dilakukan penyidik Kejari Denpasar selaku termohon tidak sah. “Membebankan biaya perkara pada negara,”tegas hakim.

Putusan ini dijatuhkan atas pertimbangan kurangnya bukti yang dimiliki termohon untuk menetapkan pemohon sebagai tersangka. Bukti yang dimaksud berupa nilai kerugian negara yang dikeluarkan BPKP. “Ekspose yang dilakukan bersama BPKP baru sebatas ekspose penyelidikan, tidak ada menentukan atau memutuskan nilai kerugian negara dari BPKP,” terang hakim.

Kendati demikian, hakim tetap menilai penyelidikan yang dilakukan kejaksaan masih sah dan dapat dilanjutkan guna menemukan tambahan bukti. Bukti yang dimaksud berupa nilai kerugian dari BPKP atau BPK.

Sebelumnya, Agung Dalem ditetapkan sebagai tersangka proyek senderan Tukad Mati. Penetapan Kabid Pengairan Dinas PUPR Badung ini menyusul bawahannya, Wayan Seraman, yang dijadikan tersangka lebih dulu. Bedanya, Agung Dalem tak langsung ditahan. Kejaksaan saat itu mengindikasi ada kerugian negara Rp 700 juta. Nilai itu muncul atas penghitungan dari tim ahli Universitas Negeri, Semarang, bukan dari BPKP/BPK. (128)

Komentar

Komentar

BACA  Tersebesar di Media Sosial

About Surya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>