Penetapan Tersangka Tukad Mati Tak Sah, Seraman Dikeluarkan dari Tahanan

By on November 13, 2017
korupsi copy
Denpasar, DenPost
Kejaksaan Negeri (Kejari) Denpasar akhirnya keok dalam kasus dugaan korupsi proyek Tukad Mati. Pasalnya majelis hakim mengabulkan permohonan gugatan praperadilan yang diajukan tersangka I Wayan Seraman (52). Pada persidangan agenda putusan, Hakik tunggal IGN Putra Atmaja menyatakan penetapan tersangka atas Seraman oleh penyidik Kejari Denpasar tidak sah. Hakim juga menyebut surat perintah penyidikian Kajari  Denpasar No. print/02/p.1.10/fd/1/05/2017 tangal 2 Mei tak sah sebagaimana isi gugatan yang diajukan pemohon. “Mengeluarkan tersangka dari tahanan (dibebaskan),” tegas hakim dalam persidangan petang.

Alasan hakim, pihak termohon (Kejari) hingga kini belum menunjukkan nilai kerugian negara sebagaimana penghitungan dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) selaku lembaga berwenang. Menyebut penghitungan kerugian negara dari pihak ahli dari Universitas Negeri Semarang (UNNES) dinilai tidak sah.
Kuasa hukum pemohon, Simon Nahak, mengatakan putusan dari majelis hakim sudah tepat. Menurut dia saat ini sudah ada peraturan hukum yanh baru dari MK jika penetapan tersangka korupsi harus ada kerugian negara yang dihitung BPK. (128)

Komentar

Komentar

BACA  Gas Gratis dari Pemkab di TPA Sente Ngadat

About Surya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>