Tersangka Kasus Korupsi Pepadu Dilimpahkan ke Kejaksaan Jembrana

By on November 9, 2017
Tersangka Kasus Korupsi Pepadu Dilimpahkan ke Kejaksaan Jembrana

Negara, DenPost
Kasus dugaan tindak pidana korupsi dana pengembangan kawasan pertanian terpadu berbasis organik (Pepadu) tahun 2013 di Dinas Pertanian, Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Jembrana, terus bergulir.
Tersangka dalam kasu ini yakni Ir K RA (56) ditahan sejak 7 November lalu dan dilimpahkan tahap II ke Kejaksaan Negeri (Kejari) Jembrana, Kamis (9/11).Kapolres Jembrana, AKBP Priyanto Priyo Hutomo, mengatakan, pasal yang disangkakan pada tersangka yaitu pasal 2 ayat 1 dan pasal 3 subsider UU No 31 tahun 1999 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi sebagaimana diubah dengan UU No 20 tahun 2001 tentang perubahan atas UU No 31 tahun 1999 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi serta pasal 55 ayat 1 KUHP.
Pihaknya, lanjutnya, telah memeriksa 117 saksi, menyita 51 jenis dokumen, pemeriksaan ahli dari Fakultas Peternakan Universitas Udayana dan ahli dari perwakilan BPKP Bali.

Dipaparkannya, dalam kegiatan Pepadu tahun anggaran 2013, Dinas Pertanian, Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Jembrana mengadakan 100 ekor bibit sapi betina dengan pelaksana CV Duta Karya Raya dan mempergunakan APBD tahun 2013 sebesar Rp 561 juta.
Dalam itu, CV Duta Karya Raya yang seharusnya mengadakan sapi namun pada kenyataannya tersangka RA selaku Direktris tidak mengadakan sapi melainkan memberikan uang melalui perantara kepada anggota Gapoktan (Gabungan Kelompok Tani) penerima. Masing-masing Gapoktan diberikan uang Rp 94 juta kemudian masing-masing anggota Gapoktan disuruh membeli sapi sendiri dengan uang tersebut dengan indeks Rp 4,7 juta per ekor.
Hal itu menyebabkan sapi yang dibeli oleh anggota Gapoktan ada yang tidak sesuai spesifikasi yang tertuang dalam kontrak.

Untuk pengadaan 100 ekor bibit sapi dari hasil audit BPKP perwakilan Bali, kerugian negara akibat kasus tersebut Rp 281. 575.748. Dikatakan Kapolres, khusus  untuk pengadaan sapi dalam kegiatan pepadu tahun 2013, CV Duta Karya Raya merugikan keuangan negara/daerah sebesar Rp 82.585.000. (120)

BACA  Villa Praseva di Perancak Terbakar

Komentar

Komentar

About Surya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>