Enam Hektar Tanaman Cabai Diserang Penyakit Berung Kering

By on November 8, 2017
Enam Hektar Tanaman Cabai Diserang Penyakit Berung Kering

Semarapura, DenPost

Petani cabai di Desa Bumbungan, Banjarangkan, Klungkung belakangan ini kelimpungan. Pasalnya, sejak tiga bulan lalu tanaman cabai petani seluas enam hektar layu dan busuk akibat diserang penyakit berung kering atau antraknosa. Tak sedikit petani di Bumbungan merugi karena gagal panen. Belum lagi harga cabai di pasaran jeblok menjelang hari raya Galungan dan Kuningan.  “Kalau gagal panen pasti dan kami sudah rugi sebagai petani. Apalagi harganya tidak pernah di atas Rp 10 ribu per kilogram,” ujar salah seorang petani, Sang Nyoman Dinayasa, Rabu (8/11).

Ditanya soal penanganan dari pemerintah, Dinayasa mengaku tidak ada melapor ke pemerintah. Alasananya, karena hal itu bukan kegiatan pemerintah, melainkan perseorangan. Apalagi penyebab layu tanaman cabai petani juga disebabkan karena faktor perubahan cuaca yang datangnya tidak menentu.

Kadis Pertanian Klungkung, IB Juanida, mengatakan kalau persoalan tersebut sebenarnya bisa ditangani dengan obat sejenis pestisida. Cuma petani di sana dikatakan enggan menggunakan obat tersebut  karena harga cabai sekarang sangat murah. (119)

Komentar

Komentar

BACA  Biaya Tinggi, Ekspor Bali Lewat Daerah Lain

About Surya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>