Kembangkan Perpustakaan Ramah Anak, Disdikpora Gandeng YLAI

By on October 25, 2017
Kembangkan Perpustakaan Ramah Anak, Disdikpora Gandeng YLAI

Dangin Puri, DenPost

Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga (Dikpora) Kota Denpasar menggandeng Yayasan Literasi Anak Indonesia (YLAI) untuk mengembangkan perpustakaan ramah anak. Untuk memulai program tersebut, sekolah penerima program pengembangan perpustakaan ramah anak dan YLAI menandatangani perjanjian kerja sama program pengembangan perpustakaan ramah anak Selasa (24/10) kemarin disaksikan Kadisdikpora Kota Denpasar, I Wayan Gunawan.Untuk tahap awal program tersebut menyasar enam SD yang berada di Kecamatan Denpasar Utara dan Denpasar Timur sebagai modal dan selanjutnya diharapkan dapat diimbaskan. Sekolah tersebut masing-masing SDN 7 Kesiman, SDN 17 Kesiman, SDN 3 Penatih, SDN 5 Penatih, SDN 11 Sumerta dan SDP Tulangampiang.

Menurut Manajer Program Literasi YLAI, Fourgelina, tujuan program perpustakaan ramah anak untuk meningkatkan minat baca siswa, terutama mulai dari SD. Menurut dia, kemitraan ini dapat berjalan dengan adanya komitmen bersama baik dari YLAI, sekolah-sekolah terpilih dan juga dari Disdikpora Kota Denpasar, sehingga membawa perubahan bagi anak untuk menumbuhkan minat bacanya sebagai langkah awal membuat mereka menjadi pembelajar yang sepanjang hayat.

Fourgelina didampingi Aprile Denise selaku konsultas Pendidikan YLAI menyebutkan bantuan yang diberikan tidak hanya dalam insfratruktur, juga dalam bentuk pelatihan. Kepala sekolah, guru dan pustakawan dari sekolah yang terpilih akan mendapatkan dua pelatihan, yang pertama adalah pelatihan pengelolaan perpustakaan dan juga pelatihan untuk melakukan kegiatan pada saat kunjungan perpustakaan.

’’Selain pelatihan, YLAI juga terus mendukung sekolah sampai nanti 18 bulan ke depannya setelah perpustakaan dibuka. Hal tersebut dilakukan agar perpustakaan yang ada dapat berjalan lebih efektif dan anak-anak semakin gemar ke perpustakaan dan perpustakaan menjadi tempat favorit bagi anak-anak,’’ ucapnya.

Kadisdikpora Kota Denpasar, Wayan Gunawan, mengapresiasi program perpustakaan ramah anak yang digulirkan YLAI. Dia berharap ke depan semakin banyak sekolah yang mengembangkan perpustakaan ramah anak dan sekolah yang sudah mendapatkan program ini bisa menularkan pada sekolah lain. ’’Kami berharap di Kota Denpasar semua sekolah bisa berkembang dan memiliki perpustakaan ini yang bertujuan untuk meningkatkan minat baca anak,’’ ujarnya.

BACA  Edukasi P4GN Kepada Pegawai BPBD

Menurut Gunawan, kegiatan membaca juga bisa memperkokoh fondasi gerakan literasi nasional (GLN) sekaligus menumbuhkan budaya membaca. ’’Oleh karena itu, ke depan kami berharap anak didik benar-benar bisa menjadi generasi yang siap bersaing di dunia internasional,’’ tegasnya. (123)

Komentar

Komentar

About Surya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>