Ini Ancaman Bagi Perajin Perak di Bangli

By on October 23, 2017
Ini Ancaman Bagi Perajin Perak di Bangli

Bangli, DenPost

Usaha perajin perak di Kabupaten Bangli terancam bangkrut. Penyebabnya adalah munculnya hasil inovasi berupa berbagai model perhiasan terbaru yang dijiplak pengusaha perhiasan dengan casting cetakan. Kondisi ini kian diperparah dengan turunnya daya beli masyarakat sejak setahun terakhir.Ditemui Senin (23/10), salah seorang perajin perak, Nengah Sukarta, menuturkan, pasaran barang-barang perhiasan berupa cincin, bross, giwang maupun yang sejenisnya melesu sejak dua semester terakhir. Kondisi ini disebabkan turunnya daya beli masyarakat. Keadaan ini sangat membuat perajin kelimpungan. Karena meski terus berinovasi, sebaliknya yang mendapatkan keuntungan adalah perajin casting cetakan. ‘’Inilah yang turut menghancurkan perajin tradisional. Karena begitu menghasilkan produk baru, barang itu dijiplak dan dicetak sebanyak-banyak dengan casting,’’ beber Sukarta.

Perhiasan yang dihasilkan dengan casting cetakan ini diakui jauh lebih murah. Biasanya perhiasan berbahan casting menggunakan alpaka (timah putih). (122)

Komentar

Komentar

BACA  Tali Putus Saat Gantung Diri di Pohon, Karyawan Toko Material Sekarat

About Surya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>