Saluran Irigasi Jebol, Enam Hektar Sawah di Banjarangkan Terancam Kekeringan

By on October 11, 2017
Saluran Irigasi Jebol, Enam Hektar Sawah di Banjarangkan Terancam Kekeringan

Semarapura, DenPost

Hujan lebat yang turun beberapa hari belakangan ini telah menimbulkan sejumlah kerusakan di beberapa tempat di wilayah Klungkung. Tidak hanya rumah warga di Dusun Takedan, Desa Selat yang rusak tertimbun longsor, namun saluran irigasi di subak Aan Dauh Desa, Tempek Pedaringan, Desa Aan, Banjarangkan juga jebol sepanjang 20 meter. Bahkan, akibat kejadian tersebut enam hektar lahan sawah yang tengah dalam masa pembibitan tidak mendapatkan air.Kelian Subak Aan Dauh Desa, Wayan Sutiarsi, Rabu (11/10) mengatakan, saluran irigasi tersebut jebol pada Senin (9/10) malam. Sutiarsi mengaku sudah melaporkan kejadian tersebut ke Dinas Pertanian. Hanya saja pihak Dinas Pertanian dikatakan tidak ada dana sehingga untuk memperbaiki saluran irigasi yang jebol akan dilakukan secara swadaya.

“Solusinya kami akan pasangi pipa dulu sementara agar air bisa mengalir,” ujar  Sutiarsi.

Pemasangan pipa tersebut perlu dilakukan secepatnya. Karena menurut Sutiarsi ada enam hektar lahan yang perlu mendapatkan air. Apalagi sekarang dikatakan memasuki musim cocok tanam padi.

Wakil Bupati Klungkung, Made Kasta,  didampingi Camat Banjarangkan, IB Ananda, menyarankan kepada Kelian Subak agar menggunakan dana swadaya terlebih dulu untuk pengadaan pipa saluran air, sehingga mendapatkan air secepatnya. Namun demikian Wabup Kasta, berharap kelian subak bersama Dinas Pertanian membuat surat permohonan bantuan perbaikan saluran irigasi yang ditujukan Bupati Klungkung. (119)

Komentar

Komentar

BACA  Usai Ngayah di Pura, Pria Tenggelam di Eks Galian C

About Surya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>