KPU Bali Siapkan Beberapa Skema Antisipasi Kemungkinan Erupsi Gunung Agung

By on October 10, 2017
KPU Bali  Siapkan Beberapa Skema Antisipasi Kemungkinan Erupsi Gunung Agung

Renon, DenPost
Penyelenggara Pemilihan Gubernur (Pilgub) Bali terus waswas akan ancaman erupsi Gunung Agung. KPU Bali tengah mengkoordinasikan sejumlah skenario dengan KPU RI jika Gunung Agung benar-benar erupsi atau jika terus dalam status awas. Menurut Ketua KPU Bali, Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi, kondisi di Karangasem memerlukan perhatian khusus. Apalagi sudah terjadi pengungsian meskipun belum terjadi erupsi Gunung Agung. Dikatakannya, apakah nantinya Gunung Agung benar-benar erupsi atau tidak, perlu langkah-langkah agar tahapan Pilgub Bali 2018 tidak terganggu.

“Kami melakukan langkah-langkah koordinasi dengan pihak terkait untuk membahas kondisi di Karangasem. Karangasem perlu atensi khusus, karena sudah terjadi pengungsian, tapi bencana alamnya belum tahu jadi atau tidak‎,” ujar Raka Sandi, Selasa (10/10). Menurut Raka Sandi, KPU tengah mengkaji beberapa skema jika terjadi kondisi mendesak di luar kemampuan manusia berupa erupsi Gunung Agung. Skema tersebut yakni membuat pemilu susulan dan lanjutan.

Dikatakannya, secara prinsip pemilu susulan dilakukan pada daerah yang dari awal tidak melaksanakan semua tahapan pemilu. Daerah tersebut biasanya mengalami bencana alam atau kejadian gawat darurat lainnya.
Sedangkan skema lain yakni skema lanjutan. Yang dimaksud skema lanjutan yaitu daerah sudah melakukan tahapan, namun kemudian di tengah jalan terjadi keadaan mendesak. Tahapan yang terhenti itu bisa dilanjutkan kembali setelah keadaan aman.(106)

Komentar

Komentar

BACA  Janapria Dkk. Akhirnya Susul Candra

About Surya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>